JawaPos Radar

Hubungan Seks yang Klimaks, Ampuh Turunkan Resiko Penyakit Jantung

29/07/2018, 01:00 WIB | Editor: Kuswandi
pasangan hidup
Ilustrasi: Pasangan hidup (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Banyak cara dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan menjaga pola hidup yang sehat seperti rutin berolahraga. Tak hanya itu, baru-baru ini penelitian mengungkap bahwa hubungan seks dapat membantu seorang pasien dalam melawan penyakit jantungnya.

Dilansir dari Health Site, Sabtu (28/7) rutin melakukan seks dengan pasangan, dipercaya memiliki segudang manfaat kesehatan, salah satunya menghindari komplikasi jantung yang serius. Sebuah studi dalam jurnal biologi psikologi mengungkapkan, orang yang terlibat dalam hubungan seksual, maka tekanan darah sistolik akan menurun yang juga berguna untuk kesehatan jantung.

Selama orgasme, hormon oksitosin dirangsang, yang pada gilirannya memiliki efek langsung untuk menurunkan tekanan darah Anda, faktor risiko utama penyakit jantung. Selain itu penelitian itu menyebut bahwa kurang tidur dapat memengaruhi kesuburan yang terkait dengan peningkatan tekanan darah dan resiko penyakit jantung. Oleh karena itu, tidur nyenyak adalah kunci untuk kesehatan seksual yang baik.

Orgasme seks adalah pendorong hebat untuk tidur yang nyenyak. Oksitosin disebut sebagai ‘cuddle hormone’ dan dilepaskan dalam jumlah yang cukup saat berhubungan seks. Hormon ini memiliki efek relaksasi dan membantu mengurangi tekanan darah. Oksitosin juga memiliki efek anti-kecemasan dan bertindak sebagai pembasmi stres.

Salah satu penyebab serangan jantung adalah obesitas. Orang dengan berat badan lebih beresiko enam kali lebih besar terkena penyakit jantung daripada mereka yang bertubuh ideal.

Jumlah kalori yang Anda bakar saat berhubungan seks akan bervariasi tergantung pada panjang dan intensitas sesi Anda. Tetapi umumnya Anda membakar sekitar 85-100 kalori selama hubungan seksual. Jika aktivitas seks berlangsung hingga klimaks, pada akhirnya dapat memengaruhi kesehatan jantung.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up