JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ketahui 7 Alasan yang Bikin Selangkangan Terasa Gatal

15 Maret 2019, 05:00:59 WIB
selangkangan gatal, sebab selangkangan gatal,
Ilustrasi. Rasa gatal pada selangkangan bisa terjadi pada perempuan ataupun laki-laki. (HealthyWomen)
Share this

JawaPos.com - Aktivitas bisa terganggu tiba-tiba ketika area intim terasa gatal. Tak hanya di area tersebut, namun gatal di area sekitarnya seperti selangkangan tentu membuat tak nyaman. Kondisi ini bisa terjadi baik pada perempuan ataupun laki-laki.

Menggaruk hanya membuat situasinya lebih buruk. Untuk menenangkan kulit sensitif di daerah selangkangan, ada baiknya perlu mencari tahu apa yang ada di balik rasa gatal tersebut. Ada beberapa penyebab, menurut Dokter Kulit dari Rumah Sakit Mount Sinai Joshua Zeichner, M.D., seperti dilansir dari Men's Health, Kamis (14/3).

Infeksi jamur

Tampilannya bervariasi tergantung pada jenis jamur yang menyebabkannya. Misalnya, jika infeksi jamur bisa menyebabkan area kulit mengkilap dan lembab hingga ke arah kelamin. Dan ada beberapa warna putih di lipatan kulit, bersama dengan ruam merah dan gatal. Biasanya, muncul antara alat kelamin dan paha.

Radang

Radang terjadi ketika kulit bergesekan misalnya antara paha dan paha. Berjalan cepat atau berlari. Kondisi ini juga menyebabkan ruam merah dan teriritasi yang terbakar dan gatal. Kulit juga bisa bersisik.

Intertrigo (Lembab)

Tampak ruam merah yang gatal dan menyengat, biasanya di daerah yang mengandung banyak uap air dari keringat. Kelembaban itu bisa memacu pertumbuhan bakteri dan jamur yang berlebihan. Ini akan muncul di tempat-tempat seperti selangkangan, di antara lipatan perut Anda, di bawah lengan, atau di antara jari-jari kaki.

Kontak Dermatitis

Kondisi ini terjadi ketika kulit bersentuhan dengan sesuatu yang alergi. Ada kemungkinan akan mengalami ruam merah yang sangat gatal dan terlihat bergelombang. Bahkan mungkin mengeluarkan cairan bening atau kekuningan, yang menunjukkan bahwa lapisan kulit telah terganggu. Hal itu bisa disebabkan karena deterjen baru atau pelembut kain, atau bahkan membeli sofa baru yang terbuat dari bahan berbeda.

Kutu

Jika mulai merasakan gatal, iritasi, dan bintik-bintik kecil di rambut kemaluan bisa jadi telah terjadi kontak dengan sejenis parasit yang disebut kutu kemaluan. Terjadi bintik-bintik putih atau kekuningan kecil di dekat akar rambut kemaluan. Itu adalah telur kutu. Hanya bisa dilihat dengan kaca pembesar.

Herpes

Bagi sebagian pria, gatal dapat menjadi gejala pertama dari infeksi menular seksual (IMS). Misalnya disebabkan virus herpes. Gatal itu biasanya akan berubah menjadi terbakar. Kemudian melepuh bisa pecah, menyebabkan luka yang menyakitkan.

Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah gejala umum dari human papillomavirus (HPV) IMS. Bukan hanya HPV yang merupakan IMS yang paling umum, kutil kelamin biasanya lunak saat disentuh, dan beberapa bahkan menyerupai kembang kol. Tapi selain rasa gatal, terkadang kutil tidak terasa seperti apa pun.

Editor           : Nurul Adriyana Salbiah
Reporter      : Marieska Harya Virdhani

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini