JawaPos Radar

Tanaman Kelor Ampuh Tingkatkan Libido, Catat Resepnya

12/09/2018, 00:00 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
daun kelor, manfaat daun kelor, cara tingkatkan libido, tanaman kelor,
Ilustarsi tanaman kelor dapat meningkatkan libido. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Banyak cara untuk meningkatkan stamina dan vitalitas. Salah satunya dengan asupan makanan atau minuman tertentu. Bukan hanya sugesti, tetapi ada beberapa sumber pangan yang bisa meningkatkan libido seksual.

Salah satunya tanaman daun kelor. Tanaman ini sudah umum dikenal masyarakat. Hasil penelitian Ketua Tim Pakar Indofood Riset Nugraha IRN sejak 1998, Prof Dr. Ir. FG Winarno, MSc mengungkapkan secara alamiah tanaman kelor juga dapat meningkatkan libido pria dan wanita. 

"Selama berabad-abad, daun kelor telah dimanfaatkan untuk mengobati pasien yang menderita sexual dysfunction," kata Prof Winarno dalam bukunya Tanaman Kelor : Nilai Gizi, Manfaat dan Potensi Usaha baru-baru ini.

daun kelor, manfaat daun kelor, cara tingkatkan libido, tanaman kelor,
Ilustrasi daun kelor yang memiliki segudang manfaat termasuk untuk meningkatkan gairah seksual. (Pixabay)

Resepnya, biasanya masyarakat bisa menggunakan bagian cabangnya. Cari yang masih muda, lunak, dan berwarna hijau. Setelah itu, kulit cabang dikupas, kemudian langsung dikunyah.

"(Tak hanya cabang), biji kelor juga ternyata memiliki potensi serupa," tegas Prof Winarno.

Manfaat lain, daun kelor juga mampu membantu seseorang tidur pulas sehingga membantu penderita insomnia. Mereka yang daya lihatnya berkurang atau buruk juga dianjurkan banyak mengonsumsi daun kelor.

Daun kelor mengandung lebih dari 90 senyawa gizi dan 46 jenis antioksidan. Sedangkan biji kelor dapat menghasilkan minyak kelor atau Ben Oil yang tinggi kandungan omega-3 dan kandungan klorofilnya. Ditambah lagi 45 senyawa yang memiliki sifat sebagai antioksidan dan 36 senyawa tambahan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Maka tak salah jika daun kelor dijuluki Super Food.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up