alexametrics

Ini Ternyata Alasan Bagi Penderita Gagal Ginjal Dibatalkan Keberangkatan Hajinya

31 Juli 2017, 15:46:59 WIB

JawaPos.com – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi sebagai penyaring darah. Semua darah di dalam tubuh melewati ginjal dan harus disaring menjadi zat-zat yang terpakai lagi oleh tubuh. Namun saat fungsi ginjal ini rusak, tentu berbahaya bagi tubuh karena tidak bisa mengeluarkan racun. Zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh juga terbuang karena fungsi penyaring tersebut sudah rusak.

Karena fungsinya sangat vital, maka seseorang yang sudah mengalami penyakit gagal ginjal merupakan tahap paling ujung dari penyakit itu. Penderitanya harus menjalankan cuci darah atau hemodialisa. Karena itu, pemerintah membatasi ketat para penderita gagal ginjal tak boleh berangkat ke tanah suci untuk berhaji.

Jika dipaksakan, dampaknya akan fatal dan akan membuat rumah sakit Arab Saudi kebanjiran pasien seminggu dua kali untuk cuci darah.

“Di Arab Saudi, suhunya tinggi di sana. Kebutuhan cairan juga tinggi. Aktivitas kepadatan, konsumsi cairan terjadi pengentalan. Orang gagal ginjal saringan ginjalnya tak baik, bisa jadi keracunan dalam darahnya, bisa fatal,” tegas Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Junaiti Sahar kepada JawaPos.com di Balairung UI, Depok, Senin (31/7).

Selama ini, kata Junaiti, pasien gagal ginjal yang masih diizinkan berangkat ke tanah suci sangat tergantung pada derajatnya. Jika masih ringan maka penanganannya bisa diatur sesuai dengan rekomendasi dokter.

“Sulitnya lagi kan banyak pasien gagal ginjal yang berangkat haji itu usia 60 tahun ke atas. Konsumsi air berlebihan juga bisa berdampak ke jantung. Jadi harus berimbang,” kata Junaiti.

Jikapun ada tenaga medis di sana, pasien gagal ginjal ringan mungkin masih bisa ditangani cepat. Namun jika harus cuci darah, selain merepotkan, seluruh pelayanan ibadah haji tentu sangat padat. Pasien bisa tak tertangani dengan cepat.

“Tenaga kesehatan itu kan musim haji sangat crowded, pasien gagal ginjal terlayani dengan baik itu agak sulit,” ungkapnya.

Berbagai faktor pemicu penyakit gagal ginjal di antaranya diabetes, tekanan darah tinggi, sumbatan di bagian ginjal, hingga infeksi. Gagal ginjal merupakan penyakit katastropik yang memerlukan biaya pengobatan yang banyak.

Editor : Muhammad Syadri

Reporter : (ika/JPC)



Close Ads
Ini Ternyata Alasan Bagi Penderita Gagal Ginjal Dibatalkan Keberangkatan Hajinya