alexametrics

Buktikan 4 Khasiat Rutin Minum Jus Lidah Buaya Campur Madu

28 Mei 2019, 08:17:16 WIB

JawaPos.com – Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang terkenal manfaatnya bagi kesehatan. Tapi tak hanya untuk kesehatan, lidah buaya juga banyak digunakan untuk kecantikan.

Gel lidag buaya atau dagingnya yang bening merupakan bagian utama yang dapat dimakan, juga dapat dengan mudah diekstraksi untuk berbagai keperluan. Lidah buaya memiliki rasa yang ringan dan hampir netral.

Lidah buaya juga enak dijadikan minuman segar di tengah cuaca panas. Bahkan saat ini minuman dan jus lidah buaya banyak tersedia di pasaran.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati daging lidah buaya secara berbeda bisa mencoba dengan membuat jus sendiri. Bagaimana caranya?

Pertama, potong daun lidah buaya menjadi beberapa bagian kecil, singkirkan lapisan hijau daun yang terang dan kemudian ambil gelnya. Pastikan lapisan getah tipis kekuningan antara daun dan daging gel sudah dihilangkan.

Lalu ambil daging gel lalu tambahkan dengan air atau air kelapa dan campurlah dengan madu. Maka khasiatnya akan lebih optimal. Bisa juga untuk menambahkan rasa manis dengan memberikan sari apel. Dilansir dari NDTV, Selasa (28/5), ada 4 khasiat yang diperoleh jika rutin minum jus lidah buaya.

1. Kaya Antioksidan

Lidah buaya memiliki sejumlah antioksidan dan sifat antiinflamasi, karena banyaknya senyawa tanaman polifenol di dalamnya. Lidah buaya ketika dikonsumsi, dapat meningkatkan kualitas kesehatan kulit.

Campur jus lidah buaya dengan madu untuk menambahkan rasa manis. (Style Craze)

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Lidah buaya bagus untuk memastikan kelancaran fungsi sistem pencernaan. Menurut buku, ‘Healing Foods’ oleh DK Publishing House, lidah buaya memiliki sifat pencahar dan bagus untuk meningkatkan serta menyeimbangkan flora usus. Ini berarti lidah buaya meningkatkan kadar bakteri baik di usus dan mengusir parasit berbahaya dari saluran pencernaan.

3. Membantu Penderita Diabetes

Beberapa penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu orang yang menderita diabetes tipe-2. Caranya dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan dapat membantu mengelola kadar gula darah. Namun, manfaat ini mungkin perlu penelitian lebih lanjut.

4. Turunkan Berat Badan

Mengonsumsi lidah buaya juga dapat membantu seseorang mengelola berat badannya. Gel ini diketahui memiliki sifat detoksifikasi, antiinflamasi, dan antioksidan. Lidah buaya juga dikenal bisa meningkatkan kekebalan dan pencernaan, yang secara tidak langsung dapat membantu penurunan berat badan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads