alexametrics

Resep Minuman Kayu Manis dan Daun Salam Untuk Turunkan Berat Badan

25 Maret 2019, 10:30:02 WIB

JawaPos.com – Anda mungkin terbiasa memasukkan daun salam ke dalam masakan untuk menambah aroma. Tetapi apakah Anda tahu bahwa daun salam benar-benar dapat dibuat menjadi minuman penurun berat badan yang ampuh?

Jika Anda sudah berdiet tetapi tidak berhasil mungkin sudah saatnya minum air daun salam. Daun salam memiliki sifat antioksidan dan anti-jamur.

Daun salam mengandung antioksidan seperti vitamin C, yang membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Di samping itu, untuk penurunan berat badan, daun salam memberi harapan karena beberapa alasan.

manfaat daun salam, manfaat kayu manis, tips turunkan berat badan, minuman kayu manis,
(Step To Health)

Pertama, daun salam memiliki sifat anti-jamur yang membantu menghilangkan pertumbuhan berlebih bakteri berbahaya seperti Candida dalam mikrobioma usus. Menurut beberapa penelitian, pertumbuhan berlebih Candida dalam usus dapat memengaruhi metabolisme secara negatif dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan, kelelahan, dan masalah pencernaan.

Terlebih lagi, daun salam juga dikenal untuk meningkatkan pencernaan dengan merangsang saluran pencernaan dan mendorong buang air kecil. Dengan demikian, enzim dalam daun salam membantu mengurangi toksisitas keseluruhan serta meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Selain manfaat kesehatan ini, penelitian Januari 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Biokimia dan Nutrisi menunjukkan bahwa daun salam menstabilkan kadar gula darah serta menurunkan LDL (kolesterol jahat), yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk menurunkan berat badan.

Lalu, apakah cukup dengan daun salam saja?

Untuk membuat minuman daun salam untuk menurunkan berat badan lebih berkhasiat, Anda bisa tambahkan kayu manis. Kayu manis juga merupakan bumbu ampuh untuk menurunkan berat badan. Mirip dengan daun salam, satu studi pada 2003 yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menunjukkan bahwa kayu manis meningkatkan dan menstabilkan kadar gula darah yang menyebabkan menimbunnya lemak.

Sama seperti daun salam, kayu manis juga telah ditunjukkan dalam penelitian untuk mengurangi kolesterol jahat. Satu tim peneliti juga menganggap kayu manis sebagai antioksidan paling kuat kedua dalam kelompok 26 rempah-rempah.

Lalu, cara buat minumannya, pertama siapkan 3 hingga 5 daun salam, satu batang kayu manis atau 1 sendok teh bubuk kayu manis, 4 gelas air, madu atau stevia, dan secukupnya (opsional). Kedua, didihkan air. Setelahnya tambahkan daun salam dan kayu manis ke dalam air dan biarkan mendidih selama 10 hingga 20 menit. Tambahkan pemanis seperti madu. Anda dapat menyimpan teh ekstra di lemari es dan menikmatinya dingin atau panas. Minuman teh daun salam bisa bertahan hingga satu minggu bila disimpan dalam lemari es.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Resep Minuman Kayu Manis dan Daun Salam Untuk Turunkan Berat Badan