JawaPos Radar

Konsumsi Makanan Sehat Ini Bantu Seseorang Atasi Depresi

24/06/2018, 09:55 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Konsumsi Makanan Sehat Ini Bantu Seseorang Atasi Depresi
Dengan konsumsi makanan yang tepat, seseorang bisa atasi depresi. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Tekanan pekerjaan dan gaya hidup bisa menyebabkan seseorang depresi. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia mengalami depresi.

Dilansir dari Health Site, Jumat (22/6), menurut Niyati Likhite, seorang pakar gizi, faktor gaya hidup dapat berkontribusi pada depresi. Salah satu mengatasinya adalah dengan menjalani diet makan sehat. Meskipun tidak ada diet khusus untuk depresi, tapi ada makanan tertentu yang mampu meringankan gejala depresi karena meningkatkan kadar serotonin, yang mengatur suasana hati. Apa saja itu?

1. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran mengandung antioksidan dan beta-karoten serta vitamin C & E yang memberikan nutrisi yang penting bagi kondisi kesehatan, termasuk meningkatkan hormon bahagia. Diantaranya seperti wortel, brokoli, labu, bayam, ubi jalar, tomat, jeruk, jeruk nipis, jeruk bali, kacang, dan biji-bijian.

2. Makanan kaya karbohidrat kompleks

Makanan kaya karbohidrat juga penting untuk memberikan stamina dan metabolisme tubuh agar kuat menghadapi segala beban hidup. Diantaranya terdapat pada sereal, gandum, dan kacang-kacangan.

3. Protein

Tak dipungkiri protein sangat dibutuhkan tubuh untuk memberikan energi sehingga sangat memperkuat konsentrasi seseorang dalam pekerjaan. Konsumsi makanan seperti ikan, ayam, kacang-kacangan, susu, produk kedelai dan yogurt, karena mengandung tryptophan dan selenium yang membantu menstimulasi kadar serotonin.

4. Omega 3

Makanan yang mengandung asam lemak juga wajib dikonsumsi sebagai pendamping protein seperti ikan berlemak, mackerel, salmon, tuna, sarden, biji rami, walnut,dan  alpukat.

5. Cokelat

Cokelat hitam membantu dalam melepaskan serotonin yang melemaskan pembuluh darah. Sehingga akan memicu hormon baik dalam tubuh yang pada akhirnya membuat seseorang semakin bersemangat menjalani hari.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up