alexametrics

Lawan 7 Penyakit dengan Minum Rebusan Kulit Jeruk

23 Mei 2019, 11:41:39 WIB

JawaPos.com – Ketika makan buah jeruk, setiap orang pasti selalu membuang kulitnya. Tapi sebenarnya, kulit jeruk sama berharganya dengan buahnya. Kulit jeruk diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan mulai dari menangkal peradangan hingga menurunkan risiko berbagai penyakit.

Kulit jeruk mengandung berbagai phytochemical yang mencegah penyakit, memperbaiki kerusakan DNA, dan menghilangkan karsinogen (zat yang bisa menimbulkan kanker) dari tubuh.  Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan manfaat kulit jeruk?

Cukup dengan minun rebusan kulit jeruk secara rutin bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Caranya, siapkan 1 sendok teh kulit jeruk cincang atau ditumbuk dan secangkir air. Kemudian, tuangkan secangkir air dalam panci, tambahkan kulit jeruk cincang. Rebus dan matikan apinya. Diamkan selama 10 menit. Saring air ke dalam cangkir. Minuman dari rebusan kulit jeruk siap diminum.

Dilansir dari NDTV, Kamis (23/5), 100 gram kulit jeruk mentah mengandung 72,5 air, energi 97 kkal dan juga mengandung 1,50 gram protein, 0,20 gram lemak, 25 gram karbohidrat, dan 10,6 gram serat serta mineral lainnya. Manfaat kulit jeruk lainnya untuk kesehatan di antaranya,

Cegah Kanker

Para peneliti telah menemukan bahwa kulit jeruk memiliki sifat antikanker. Polymethoxyflavones (PMFs), sejenis flavonoid yang ditemukan dalam kulit jeruk, menghambat pertumbuhan dan melawan sel-sel kanker. Kulit jeruk bekerja dengan mencegah karsinogenesis dari penyebaran ke organ lain dan menurunkan kemampuan sel kanker untuk bergerak melalui sistem peredaran darah.

Kandung Polymethoxyflavones dalam kulit jeruk dipercaya bisa mencegah sel kanker berkembang. (Organic facts)

Mendukung Kesehatan Jantung

Kulit jeruk kaya flavonoid yang membantu menjaga kolesterol dan tekanan darah. Juga, polymethoxyflavones (PMFs) dalam kulit jeruk memiliki efek penurun kolesterol yang kuat.

Hilangkan Radang

Peradangan kronis adalah akar penyebab berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit Alzheimer. Flavonoid dalam jeruk mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga peradangan.

Mengatasi Tukak Lambung

Minum alkohol berlebihan dan merokok menyebabkan tukak lambung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit jeruk secara efektif dapat mengurangi tukak lambung pada tikus. Hesperidin yang ditemukan dalam kulit jeruk keprok dan jeruk, diketahui memiliki aktivitas antiulcer.

Mengatasi Diabetes

Kulit jeruk adalah sumber serat makanan yang baik yang dikenal untuk mengatur kadar gula darah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Natural Product Research menunjukkan bahwa, ekstrak kulit jeruk dapat membantu dalam pengobatan nefropati diabetik.

Obati Gangguan Pencernaan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Food Chemistry menemukan bahwa ekstrak kulit jeruk kering dapat digunakan untuk mengobati berbagai gangguan pencernaan. Itu karena kulit jeruk memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Lawan Bakteri Gigi

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical and Experimental Dentistry menemukan bahwa ekstrak kulit jeruk ternyata efektif melawan patogen karies gigi karena sifat antibakteri dan antimikrobanya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani