alexametrics

Harus Teratur Tiap Pagi, Raih 3 Khasiat Minum Air Jahe dan Lemon

23 Maret 2019, 07:04:21 WIB

JawaPos.com – Berbagai minuman infused atau infused water saat ini menggunakan lemon untuk alasan kesehatan. Apalagi jika dicampur dengan jahe diyakini khasiatnya akan bertambah baik. Namun tak cukup sesekali, diminum rutin setuap pagi, barulah ada khasiat ajain bagi kesehatan.

Seperti lemon, jahe kaya dengan nutrisi dan senyawa bioaktif yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Jahe (memiliki nama ilmiah Zingiber officinale) adalah salah satu rempah-rempah paling sehat yang dapat mengobati berbagai penyakit seperti mual, gangguan pencernaan, kolesterol tinggi, nyeri otot dan sakit.

Untuk mendapatkan hasil optimal dari minum air jahe dengan lemon, perlu mengonsumsinya secara konsisten. Cukup dengan mencampur keduanya ke dalam air hangat. Celupkan irisan atau jahe segar ke dalam air lemon.

infused water, manfaat jahe, manfaat kemon, air jahe dan lemon,
Untuk mendapatkan hasil optimal dari minum jahe dengan air lemon, perlu mengonsumsinya secara konsisten. (Istimewa)

Selain itu juga bisa menambahkan satu sendok teh madu asli dan sedikit kayu manis untuk meningkatkan rasanya. Dilansir dari Times Now News, Jumat (22/3), ada beberapa manfaat luar biasa ketika tubuh rutin mengonsumsi jahe dengan lemon setiap pagi.

1. Turunkan Berat Badan

Jahe dan lemon adalah obat alami rumahan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Sebagai contoh, satu penelitian telah menemukan bahwa pria yang minum air jahe setelah sarapan mengaku lebih kenyang. Itu menunjukkan bahwa jahe dapat mengatur berat badan.

Demikian pula, antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon telah terbukti secara signifikan mengurangi kenaikan berat badan pada tikus obesitas. Menurut sebuah artikel tahun 2005 yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, vitamin C dalam jus lemon dapat membantu tubuh membakar lebih banyak lemak, terutama jika berolahraga. Para peneliti mencatat bahwa asupan vitamin C meningkatkan pembakaran lemak tubuh sebesar 30 persen selama latihan.

2. Gangguan Pencernaan Kronis
Pada orang dengan gangguan pencernaan kronis (dispepsia) yang ditandai dengan sakit perut berulang, kembung, rasa tidak nyaman, mulas, mual, dan muntah, bisa diringankan dengan air jahe.

3. Gula Darah Teratur

Jahe memiliki sifat anti-diabetes. Sebuah studi tahun 2015 pada peserta dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa mengonsumsi 2 gram jahe per hari menurunkan kadar gula darah. Begitu juga ditambah lemon. Namun tetap konsultasikan dulu pada dokter.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Harus Teratur Tiap Pagi, Raih 3 Khasiat Minum Air Jahe dan Lemon