alexametrics

6 Manfaat Minum Air Rebusan Kulit dan Buah Pisang Untuk Kesehatan

22 April 2019, 07:05:11 WIB

JawaPos.com – Pisang merupakan buah yang kaya nutrisi dan baik untuk pencernaan. Ternyata tak hanya buahnya, kulitnya yang selama ini dibuang juga punya manfaat untuk kesehatan. Bagaimana caranya?

Meski terlihat mustahil, tapi kulit pisang mengandung konsentrasi nutrisi yang padat termasuk kalium dan serat makanan. Selain itu terdapat pektin, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, mangan, dan magnesium.

Seperti dilansir dari Organic Facts, Senin (22/4), ada dua pilihan untuk mendapatkan manfaat dari pisang. Pertama adalah dengan cara merebus buahnya. Kedua, dengan merebus kulit pisangnya dengan campuran seperti madu atau kayu manis untuk meningkatkan rasa.

Rebusan Buah Pisang :

Siapkan 1 buah pisang, 6 gelas air (disaring), dan kayu manis atau madu secukupnya.

Caranya, didihkan air dalam panci lalu tambahkan potongan buah pisang ke air mendidih. Biarkan pisang menyerap selama 10 menit. Angkat dan saring. Tambahkan kayu manis atau madu.

Rebusan Kulit Pisang :

Siapkan kulit pisang segar, 1 gelas air, madu, dan kayu manis. Caranya, bekukan kulit pisang sampai menjadi keras di kulkas. Kumpulkan semua kulitnya dan sangrai dalam wajan sampai menjadi hitam. Kemudian panggang kulitnya dalam oven pada suhu 65C / 1500F selama 30-45 menit. Giling kulit kering dan simpan dalam wadah kedap udara.

Didihkan air dalam panci dan tambahkan pisang panggang kering. Lalu seduh dalam air panas, saring, dan tambahkan madu serta kayu manis secukupnya.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari minum air rebusan pisang dan kulitnya? Setidaknya ada enam manfaat bagi kesehatan.

1. Turunkan Tekanan Darah

Rebusan pisang punya kandungan potasiumnya, yang membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Sebagai vasodilator, kalium tidak hanya mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh tetapi juga mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dengan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri.

2. Mengatur Tidur

Tingginya kadar triptofan, serotonin, dan dopamin dalam rebusan pisang dikaitkan dengan peningkatan tingkat tidur dan berkurangnya insomnia. Umumnya bisa membuat tidur yang lebih nyenyak dan tidak terganggu.

Air rebusan pisang dan kulitnya bisa membuat tidur yang lebih nyenyak dan tidak terganggu. (Your Health Matters)

3. Meredakan Depresi

Dopamin dan serotonin yang ditemukan dalam rebusan pisang juga membantu mengatur kadar hormon dan meningkatkan suasana hati.

4. Baik Bagi Kepadatan Tulang

Ada beragam mineral dalam minuman pisang termasuk mangan dan magnesium, yang keduanya berkontribusi pada kepadatan mineral tulang. Sehingga membantu memperlambat atau mencegah osteoporosis seiring bertambahnya usia.

5. Baik Untuk Pencernaan

Kalium dan magnesium pada pisang, keduanya dikenal untuk mengoptimalkan fungsi otot polos, yang penting dalam saluran pencernaan.

6. Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dan vitamin A dalam pisang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua vitamin ini bertindak sebagai antioksidan. Asam askorbat merangsang produksi sel darah putih.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani