alexametrics

4 Tips Pola Asuh Bagi Orang Tua Anak Down Syndrome

22 Maret 2019, 07:37:09 WIB

JawaPos.com – Setiap anak punya keistimewaan dan bakat masing-masing. Terutama pada mereka, anak-anak down syndrome. Para orang tua, khususnya ibu, menjadi tonggak utama untuk mendidik mereka.

Kepala Divisi Pengembangan Anak Spesial Rumah Autis, Henny Ma’rifah, mengungkapkan orang tua harus bisa engenali karakter buah hatinya. Sehingga henny juga mendorong para orang tua untuk terus menggali bakat anak down syndrome di berbagai bidang.

“Ada beberapa tips untuk mendidik anak Down Syndrome agar masa tumbuh kembangnya lebih optimal,” katanya kepada JawaPos.com, Kamis (21/3).

Ketahui Kebutuhan Anak

Kenali kebutuhan ananda untuk memaksimalkan potensinya. Misalnya bila anak belum dapat berjalan, latihlah dia dengan terapi yang tepat. Beri kesempatan untuk latihan berjalan.

Konsisten

Bersikap konsisten penting untuk orang tua anak Down Syndrome. Hal itu terkait dengan beberapa karakteristik anak Down Syndrome yang mungkin mudah frustasi.

Buatlah peraturan yang konsisten agar anak mudah memahami peraturan di rumah ataupun di sekolah untuk meminimalisir frustasinya. Tetapkan aturan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Beri Kesempatan

Berilah kesempatan pada anak untuk mengenal dan tidak takut dengan dunia luar. Ajarkan anak untuk mandiri, libatkan dalam setiap kegiatan terutama yang berkaitan dengan dirinya.

Konsultasi

Jangan lupa rutin berkonsultasi, dengan dokter atau pun ahli lainnya utnuk mempertahankan kesehatan dan mengembangkan potensi lainnya dari anak Down Syndrome. Carilah informasi yang tepat sebanyak mungkin.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Copy Editor :

4 Tips Pola Asuh Bagi Orang Tua Anak Down Syndrome