alexametrics

Fakta Rutin Makan Seledri dan Manfaatnya bagi Kesehatan Jantung

21 November 2019, 12:00:05 WIB

JawaPos.com – Seledri menjadi populer setahun belakangan ini menyusul kebiasaan yang dilakukan para selebriti, salah satunya untuk diet. Seledri yang memiliki kandungan nutrisi sangat baik, bisa dikonsumsi sebagai minuman jus.

Satu cangkir seledri menghasilkan 80 persen (Nilai Harian, berdasarkan 2.000 kalori per hari). Kemudian juga mengandung vitamin K dan 18 persen fosfor, untuk tulang yang sehat, dan 13 persen potassium yang melindungi jantung.

Dilansir dari Chicago Suntimes, Kamis (21/11), penelitian menunjukkan bahwa asupan makanan mengandung vitamin K dari makanan seperti seledri, dapat menurunkan risiko patah tulang. Seledri juga kaya akan vitamin C, menyediakan dosis vitamin sehat untuk jantung.

Penelitian menunjukkan asupan vitamin C dari makanan lebih efektif dalam mengurangi risiko tekanan darah tinggi daripada mengonsumsi suplemen.
Sebuah penelitian yang dimuat dalam European Journal of Clinical Nutrition, 2012 mengungkap manfaat seledri untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Selain dibuat jus, seledri juga lezat dijadikan komposisi sup atau salad. Bisa dijadikan saus atau dimasak, dipanggang, diiris kemudian ditaburkan dalam aneka masakan.

Salah Satu Resep Sup Seledri

Bahan-bahan
1 akar seledri
1 kembang kol
3 sendok makan minyak zaitun extra virgin
Garam dan merica, secukupnya

Cara membuat
1. Kupas dan potong seledri.
2. Dalam panci besar kukusan, tambahkan kembang kol, akar seledri dan air. Kukus hingga lunak, sekitar 15 menit. Angkat
3. Masukkan sayuran kukus ke wadah food processor, tambahkan minyak, dan proses/blender sampai halus. Aduk tambahkan bumbu, sajikan sup dengan hangat.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads