alexametrics

Sebab Usai Minum Kopi Tiba-tiba Mulas dan Ingin BAB

21 Mei 2019, 12:02:51 WIB

JawaPos.com – Menyeruput kopi menjadi kebiasaan banyak orang setiap pagi, khususnya pria. Akan tetapi ada juga istilah ‘panggilan alam’ atau morning call yang mendorong tubuh ingin Buang Air Besar (BAB) di pagi hari. Sebagian orang merasa mulas dan ingin BAB setelah minum kopi dan mengganggu aktivitasnya di pagi hari yang sibuk. Sebetulnya apa sebabnya?

Pernah dilakukan penelitian pada tikus, bahwa makhluk hidup yang minum kopi tanpa kafein memiliki lebih sedikit bakteri dalam kotorannya. Dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi kopi. Ini menunjukkan bahwa beberapa senyawa dalam kopi dapat membunuh bakteri usus yang berdampak pada pergerakan usus.

“Kopi memiliki efek merangsang pada motilitas usus, dan itu sama sekali tidak berhubungan dengan kafein. Baik kopi tanpa kafein, atau kopi dengan kafein,” kata penulis studi Xuan-Zheng Shi, yang juga seorang profesor kedokteran penyakit dalam di University of Texas Medical Branch di Galveston, seperti dilansir dari Men’s Health dan Gizmodo.

Penelitian ini belum dipublikasikan tetapi sudah dipresentasikan pada konferensi penelitian Pekan Penyakit Pencernaan baru-baru ini.  “Para ilmuwan mengungkapkan kopi menyebabkan kontraksi usus yang mengaktifkan desakan,” kata Satish Rao, M.D., Ph.D., Direktur Pusat Kesehatan Pencernaan di Georgia Regents University.

Dua dekade yang lalu, dr. Rao dan timnya merekrut 12 orang untuk mengukur aktivitas tekanan di berbagai bagian usus besar. Selama 10 jam, responden minum kopi berkafein, kopi tanpa kafein, dan air panas dalam jumlah yang sama, hingga makan burger burger 1.000 kalori. Makanan memang memicu aktivitas terbesar, namun peneliti terkejut ternyata kopi memicu sama besarnya yakni 60 persen lebih kuat daripada air panas.

Ini menunjukkan kopi juga memang berperan terhadap usus besar. Satu atau lebih ratusan senyawanya memicu produksi hormon-hormon tertentu dalam tubuh, seperti motili yang merangsang kontraksi usus atau gastrin, yang menyebabkan sekresi asam di perut. Saat itulah kotoran akan tertendang.

Apalagi usus besar dua kali lebih aktif di pagi hari berkat ritme sirkadian tubuh. Kemudian ditambah menu sarapan dan minum kopi akan mencuci usus. Maka solusinya, setelah minum kopi tunggulah 1-2 jam sebelum berangkat ke kantor agar tak buru-buru ingin buang air saat di jalan atau repot memakai toilet kantor.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads