alexametrics

Mengenal Lebih Dalam Karakter Anak Down Syndrome yang Sensitif

21 Maret 2019, 11:54:32 WIB

JawaPos.com – Anak Down Syndrome tentu memiliki keistimewaan. Banyak dari mereka yang kini tumbuh membanggakan di berbagai bidang. Sayangnya edukasi ini masih kurang dipahami masyarakat, sehingga anak Dowm Syndrome masih mendapatkan perlakuan yang berbeda.

Padahal, jika ditelisik lebih dalam, anak Down Syndrome memiliki karakter yang unik. Mereka yang cenderung sensitif, seringkali mendapat ejekan dan perlakuan bullying dari teman sebaya atau lingkungan.

Menanggapi hal itu, Kepala Divisi Pengembangan Anak Spesial Rumah Autis, Henny Ma’rifah, menjelaskan anak Down Syndrome mempunyai banyak kesamaan dengan anak tipikal pada umumnya. Mereka mempunyai perasaan yang sensitif dan peka dengan lingkungan sekitar.

hari down syndrome sedunia, anak down syndrome, karakter anak down syndrome,
Berbagai kegiatan anak Down Syndrom di Rumah Autis. (Rumah Autis)

Menurutnya, karakterikstik anak Down Syndrome terbilang unik. Mereka memiliki cukup banyak hambatan (dari fisik hingga kognitif), sehingga banyak hal yang bisa menyebabkan mereka mudah frustasi.

“Sensitif dan peka akan tetapi kesulitan untuk meyampaikannya,” jelasnya kepada JawaPos.com, Kamis (21/3).

Terkadang keras kepala. Tetapi secara umum anak Down Syndrome bersikap ramah, murah senyum dan senang membantu.

Sehingga, kata Henny, butuh perhatian dan dukungan khusus untuk tumbuh kembang mereka secara optimal. Sehingga, mereka punya kesempatan yang sama untuk bisa berkembang, bermain dan menikmati masa anak- anak yang menyenangkan.

Karena itu dalam laman World Down Syndrome Day, Kamis (21/3), semangat Hari Down Syndrome Sedunia tahun ini mengajak masyarakat untuk merangkul anak-anak Down Syndrome dengan cinta dan kasih. Mengambil tema ‘Leave No One Behind’, mengajak siapapun agar tak meninggalkan anak dengan Down Syndrome sendirian.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Copy Editor :

Mengenal Lebih Dalam Karakter Anak Down Syndrome yang Sensitif