alexametrics

Ikuti Tips Mendidik Anak Down Syndrome Agar Lebih Mandiri

21 Maret 2019, 14:05:25 WIB

JawaPos.com – Anak Down Syndrome berhak untuk setara. Para orang tua dan masyarakat disarankan untuk merangkul mereka dan membuat mereka tetap tersenyum selama tumbuh kembangnya.

Masyarakat jyga diminta untuk tidak membedakan hak anak dengan dowm syndrome. Mereka juga memiliki hak setara seperti anak lainnya yang berhak mendapatkan hak dasar seperti pendidikan, hak untuk hidup, dan kesehatan.

Para calon ibu dan orang tua pada umumnya sejak dini harus mulai memahami seputar penyakit kelainan kromosom. Zaman sekarang semakin banyak anak lahir dan tumbuh kembang dengan down syndrome. Hal itu ternyata dipengaruhi karena adanya kelainan kromosom. Rupanya kondisi ini sebetulnya bisa dideteksi sejak dini. 

Kepala Divisi Pengembangan Anak Spesial Rumah Autis, Henny Ma’rifah, menjelaskan anak Down Syndrome dapat dimaksimalkan potensinya dengan dukungan penuh orang tua. Tentu para orang tua diminta untuk tetap bersemangat dan tetap menerima anak dengan Down Syndrome dengan segala keistimewaannya.

“Dengan cara menerima, mencari lebih banyak informasi tentang pengasuhan dan pendidikan anak Down Syndrome, bekerjasama dengan ahli, menjalankan program dengan sebaik-baiknya serta bergabunglah dengan komunitas sehingga mempunyai tempat untuk berbagi dan saling menyemangati,” katanya kepada JawaPos.com, Kamis (21/3).

Banyak juga kisah sukses orang tua mendidik dan membesarkan anak dengan Down Syndrome. Karena itu, kata Henny, bagi orang tua yang bersemangat mendidik, mari tularkan semangat dan berbagilah cerita kepada masyarakat tentang potensi.

“Sehingga memberikan inspirasi bagi orang tua lainnya tentang kelebihan yang dimiliki anak Down Syndrome,” jelasnya.

Tema Hari Down Syndrome sedunia tahun ini mengajak semua masyarakat untuk tak meninggalkan anak-anak Down Syndrome sendirian. Rumah Autis memaknainya dengan memaksimalkan potensi anak Down Syndrome sehingga mereka mampu mandiri. Programnya adalah melatih mereka sesuai kemampuan yang dimiliki.

“Di 7 cabang Rumah Autis, kami mendidik anak-anak Down Syndrome dengan berbagai keterampilan misalnya menjahit, menata rumah, membuat telur asin dan membuat kacang goreng,” jelasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Copy Editor :

Ikuti Tips Mendidik Anak Down Syndrome Agar Lebih Mandiri