alexametrics

8 Khasiat Sehat Minum Air Rebusan Si Wangi Daun Pandan

21 Maret 2019, 07:17:03 WIB

JawaPos.com – Setiap kali membuat kue atau kolak, tentu sering menambahkan daun pandan untuk memberikan aroma wangi. Mudah diperoleh dan mudah ditanam, daun pandan ternyata juga punya manfaat bagi kesehatan.

Pandan atau Pandanus amaryllifolius adalah bagian dari genus Pandanus (screwpine). Tanaman ini berwarna hijau dan tingginya bisa mencapai 1-2 meter.

Daun pandan cukup populer di Asia Tenggara untuk kuliner karena aromanya yang kuat, manis, dan wangi. Sehingga dapat membangkitkan selera dan memperkaya citarasa makanan.

daun pandan, manfaat daun pandan, air rebusan daun pandan,
manfaat rebusan daun pandan dapat dinikmati dengan berbagai cara. (Shutterstock)

Dilansir dari The Benefits, Kamis (21/3), daun pandan mengandung senyawa yang terdiri atas polifenol, flavonoid, saponin, dan alkaloid. Senyawa-senyawa itu juga bisa bertindak sebagai antibakteri. Zat-zat tersebut membuat daun pandan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut khasiatnya.

Atasi Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit pada pembuluh darah yang menyebabkan tekanan di luar batas normal. Penyakit ini bisa disebabkan oleh faktor makanan, usia, gaya hidup, obesitas, dan stres.

Berbagai sumber menyebut, dengan minum air rebusan daun pandan dua kali sehari dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya dengan merebus 2-3 gelas air dengan 3 daun pandan. Tunggu sampai airnya berkurang hanya setengah dari jumlah air. Air rebusan pandan dapat dikonsumsi pagi dan malam menurunkan tekanan darah tinggi. Jika air pandan dikonsumsi secara teratur, itu juga bisa mencegah penyakit jantung lainnya seperti penyakit jantung koroner.

Penghilang Rasa Sakit

Daun pandan mengandung sifat pencahar yang dapat bertindak sebagai penghilang rasa sakit dari sakit kepala, sakit telinga, sakit dada, dan radang sendi. Untuk menggunakannya sebagai pereda nyeri, orang bisa minum air rebusan pandan dua kali sehari. Selain itu jika diminum secara teratur juga mengurangi kejang perut akibat peradangan dan infeksi.

Perbaiki Sistem Saraf

Daun pandan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan sistem saraf, yakni meningkatkan kesehatan sistem saraf di tubuh. Saraf yang lemah bisa menyebabkan kram. Cobalah memetik 3 lembar daun pandan dan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil, lalu rebus dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih, saring, dan minum satu gelas di pagi hari dan satu gelas di malam hari.

Anti Kanker

Air rebusan daun pandan bisa dikonsumsi secara teratur dua kali sehari untuk menangkal efek racun dan menghambat perkembangan kanker. Menurut penelitian, ekstrak air akar dan daun Pandanus Odoratissimus memiliki efek sitotoksik, antimiotik, antiproliferatif, dan apoptosis. Tanaman ini memiliki potensi untuk digunakan dalam terapi kanker.

Tingkatkan Nafsu Makan 

Masalah nafsu makan bisa terjadi pada semua orang, terutama mereka yang memiliki masalah dengan indera penciuman. Tubuh kita membutuhkan nutrisi dan vitamin. Air rebusan pandan bisa menjadi bahan alami untuk meningkatkan nafsu makan. Air rebusan pandan bisa diminum dua kali sehari untuk meningkatkan kesehatan dan meningkatkan nafsu makan.

Menghilangkan Insomnia

Insomnia bisa menjadi hal yang sangat sulit untuk ditangani. Gejala sering terjadi ketika seseorang cemas dan memiliki beban pikiran. Jika mengalami insomnia, air rebusan daun pandan bisa untuk meredakan insomnia sebab senyawa alkaloid yang dikandungnya memberikan efek menenangkan pada tubuh, sehingga membuat lebih mudah tidur. Cukup menyeduh daun pandan dengan air panas, lalu taruh satu sendok teh madu. Minumlah selagi masih hangat.

Mengurangi Demam

Demam biasanya merupakan tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Untuk mengurangi demam, bisa merebus daun pandan dan minum airnya. Setelah itu, panas tubuh akan turun perlahan.

Mengendalikan Diabetes

Salah satu pengobatan diabetes adalah mengganti gula atau pemanis dengan pandan, sehingga dapat mengatur kadar gula darah.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

8 Khasiat Sehat Minum Air Rebusan Si Wangi Daun Pandan