alexametrics

4 Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan Termasuk Cegah Kanker

20 Maret 2019, 17:00:00 WIB

JawaPos.com – Orang yang alergi akan produk susu hewani dan vegan bisa mendapatkan sumber protein dari kacang-kacangan seperti kedelai. Bahkan, protein yang terkandung dalam kedelai dianggap lebih baik ketimbang daging.

Berbagai produk kedelai seperti, tahu, susu kedelai, dan tempe kaya akan protein. Dilansir dari Boldsky, Rabu (20/3), protein dalam kedelai memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Tapi pastikan Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Seperti konsultasikan dengan ahli gizi seberapa banyak porsi protein kedelai yang harus dikonsumsi untuk kesehatan. Berikut manfaat kedelai untuk kesehatan,

kedelai, manfaat kedelai,
manfaat kedelai untuk kesehatan dari susu, tempe, tofu, dan tahu. (Boldsky)

1. Membantu Membangun Otot

Protein kedelai memberi Anda banyak asam amino yang dibutuhkan tubuh. Protein kedelai mengandung asam amino rantai cabang yang terdiri dari 3 asam amino leusin, isoleusin, dan valin.

Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa meskipun asam amino ini membantu membangun otot, protein kedelai tidak seefektif sumber protein lain seperti protein whey. 

2. Membantu Dalam Penurunan Berat Badan

Diet yang kaya protein membantu penurunan berat badan. Sesuai beberapa penelitian, protein kedelai memicu penurunan berat badan seefektif produk hewani.

Sebuah penelitian dilakukan di mana 20 partisipan pria gemuk diberi diet tinggi protein berbasis kedelai serta diet tinggi protein berbasis daging. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa diet tinggi protein berbasis kedelai sama efektifnya dengan diet kaya protein berbasis daging dalam membantu penurunan berat badan.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Protein kedelai ditemukan baik untuk kesehatan jantung. Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa kedelai membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengganti protein hewani dengan sekitar 25 g protein kedelai, menghasilkan penurunan kadar kolesterol jahat total. Serta penurunan kadar trigliserida, yang merupakan jenis lemak yang ditemukan dalam darah.

4. Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Makanan kedelai mengandung isoflavon, yang mirip dengan hormon estrogen. American Cancer Society menyatakan bahwa meskipun makanan kedelai mengandung isoflavon yang menyerupai estrogen, mereka memiliki sifat anti-estrogen.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan kedelai mengurangi potensi terpapar kanker payudara. Kandungan serat yang terkandung dalam kedelai dapat membantu memerangi berbagai jenis kanker.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring

Copy Editor :

4 Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan Termasuk Cegah Kanker