alexametrics

Sehatkan Fungsi Liver dengan 9 Macam Rempah, Buah, dan Sayur

19 April 2019, 11:28:36 WIB

JawaPos.com – Salah satu organ terpenting di dalam tubuh manusia adalah hati atau liver. Hati berfungsi menyaring racun di tubuh. Jika racun menumpuk di hati, itu bisa menyebabkan sensitivitas terhadap alergen, masalah kolesterol, masalah pencernaan atau kelelahan.

Sebagai organ penting, liver menyimpan zat besi, tembaga, dan vitamin. Sehingga, liver memainkan peran penting dalam pencernaa, metabolisme, dan membuat senyawa-senyawa penting. Organ ini juga berfungsi menjaga darah tetap murni.

Jika liver gagal melakukan ini, darah dan kulit akan berpengaruh. Selain itu, hati juga mencerna asam lemak, mengeluarkan empedu, hingga membantu dalam mencerna asam lemak. Untuk itu, fungsi liver harus dijaga dengan baik. Sa;ah satunya lewat asupan makanan.

Dilansir dari NDTV, Kamis (18/4), ada sembilan makanan penunjang untuk menyehatkan fungsi hati. Seperti rempah, buah, dan sayur. Tentunya juga dibarengi dengan melakukan gaya hidup sehat dan diet seimbang.

Bawang putih

Bawang putih membantu hati untuk mengaktifkan enzim yang mengeluarkan racun dari tubuh kita. Juga, memiliki kadar allicin yang tinggi, yang memiliki sifat antioksidan, antibiotik dan antijamur, serta selenium, yang meningkatkan aksi antioksidan. Keduanya membantu hati membersihkan.

Wortel

Wortel sangat tinggi dalam flavonoid dan beta-karoten, yang mengatur dan mendukung fungsi hati secara keseluruhan. Vitamin A dalam wortel mencegah penyakit hati.

wortel, liver,
Vitamin A pada wortel bisa menyehatkan fungsi liver atau hati. (Organic Facts)

Apel

Apel mengandung pektin yang membersihkan tubuh dan melepaskan racun dari sistem pencernaan. Dengan lebih sedikit racun, hati dapat mengelola beban toksin lebih baik.

Kenari

Sumber asam amino yang sangat baik, makan kacang kenari secara teratur membantu detoksifikasi hati.

Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman paling top di dunia. Antioksidan nabati dalam teh hijau meningkatkan fungsi hati.

Sayuran Hijau

Tinggi klorofil, sayuran berdaun hijau membilas racun dari aliran darah. Mereka dapat menetralkan logam berat untuk melindungi hati.

Jeruk

Jeruk, lemon, limau, dan buah jeruk lainnya meningkatkan kemampuan pembersihan hati atau detoksifikasi yang ada dalam buah jeruk meningkatkan kesehatan dan fungsi hati.

Kunyit

Kunyit adalah rempah yang sangat baik, yang mengurangi kerusakan radikal di hati. Kunyit membantu dalam metabolisme lemak dan produksi empedu, yang bertindak sebagai detoxifier alami untuk hati.

Buah Bit

Bit merupakan sumber yang baik untuk vitamin C. Bit merangsang empedu dan meningkatkan aktivitas enzimatik, seperti buah jeruk. Konsumsilah makanan ini secara teratur untuk menjaga hati sehat.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads