JawaPos Radar | Iklan Jitu

Rahasia 3 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Cegah Pengentalan Darah

18 November 2018, 09:32:51 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
pengentalan darah, cegah pengentalan darah, gaya hidup, gaya hidup sehat,
Ilustrasi darah kental. Pengentalan darah bisa dihindari dengan melakukan gaya hidup sehat. (tomorrowsci.com)
Share this

JawaPos.com - Gaya hidup yang tak sehat dan kurang bergerak bisa memicu pengentalan darah. Lemak dalam darah atau kadar kolesterol yang tinggi menjadi salah satu penyebab darah kental selain faktor genetik.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB menegaskan pengentalan darah belakangan ini lebih banyak disebabkan oleh gaya hidup. Ditambah lagi stres serta kurang berolahraga membuat seseorang lebih berisiko.

Pengentalan darah disebut sebagai hiperkoagulasi. Darah yang terlalu kental ini dapat mengganggu sirkulasi dan menyebabkan penyumbatan di berbagai organ salah satunya otak. Sumbatan tersebut mengganggu pasokan oksigen ke otak maka memicu stroke dan jantung.

pengentalan darah, cegah pengentalan darah, gaya hidup, gaya hidup sehat,
Minum air putih diyakini bagus untuk kesehatan termasuk menghindari pengentalan darah. (Istimewa)

"Tentu ubah gaya hidup dengan mengurangi makanan berlemak dan kolesterol serta berolahraga bisa menjadi salah satu solusinya," kata dr. Ari kepada JawaPos.com baru-baru ini.

1. Minum Air Putih

Seseorang idealnya meminum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas sehari. Tubuh harus tetap terhidrasi. Sebab dehidrasi dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Dengan mengubah gaya hidup ke arah yang lebih baik, seperti menurunkan berat badan jika terjadi obesitas atau berat badan berlebih. Obesitas bisa memicu munculnya penyakit lainnya.

Lalu banyak mengonsumsi sayur dan buah. Serta makanan yang mengandung omega-3, buah-buahan, sayuran, dan makanan dengan kandungan vitamin E, sehingga pengentalan darah dapat dicegah.

3. Olahraga dan Jauhi Rokok

Berolahraga secara teratur, dan bergerak. Selain itu berhenti merokok merupakan cara yang baik untuk mencegah penggumpalan darah.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up