JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pahami Risiko Stroke Akibat Pengentalan Darah dan Solusinya

18 November 2018, 10:15:59 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
pengentalan darah, penyakit stroke, obat pengencer darah,
Ilustrasi obat pengencer darah. Obat pengencer darah bekerja mencegah terjadinya penggumpalan darah di pembuluh darah. (www.medscape.com)
Share this

JawaPos.com - Penyakit stroke bisa disebabkan berbagai faktor risiko. Salah satu pemicunya karena kekentalan darah. Pengentalan darah disebut sebagai hiperkoagulasi, yang dapat mengganggu sirkulasi dan menyebabkan penyumbatan di berbagai organ salah satunya otak.

Sumbatan tersebut mengganggu pasokan oksigen ke otak maka memicu stroke dan jantung. "Salah satu faktor risiko stroke itu adalah pengentalan darah," tegas Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Dr. Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Menurut dr. Mursyid, tak hanya harus didukung faktor risiko lainnya seperti diabetes atau hipertensi, namun pengentalan darah saja bisa menjadi faktor risiko stroke. Hanya saja, semakin banyak faktor risikonya, tentu peluang terkena stroke semakin tinggi.

pengentalan darah, penyakit stroke, obat pengencer darah,
Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Dr. Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC menjelaskan bahaya pengentalan darah picu stroke. (Istimewa)

"Bisa saja hanya karena pengentalan darah. Pada prinsipnya semakin banyak faktor risiko yang dipunyai seseorang maka semakin besar peluang terkena stroke," kata dr. Mursyid.

Lalu, apa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengurai kekentalan darah?

Pada pasien yang pernah mengalami stroke iskemik jenis trombotik, kata dr. Mursyid, harus diberikan antitrombotik (antiplatelet) untuk mencegah terjadi stroke berulang. Antitrombotik ini di masyarakat awam secara umum dikenal sebagai obat pengencer darah. 

Obat tersebut biasanya diberikan dalam jangka panjang hingga seumur hidup. "Pemberian ini seumur hidup, sepanjang masih aman," jelasnya.

Obat pengencer darah bekerja mencegah terjadinya penggumpalan darah di pembuluh darah. Gumpalan darah bisa menyumbat aliran darah ke otot jantung dan menyebabkan serangan jantung. Bekuan darah juga bisa menghadang aliran darah ke otak, sehingga akhirnya menyebabkan stroke.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up