JawaPos Radar | Iklan Jitu

Efek Samping Obat Pengencer Darah dari Perdarahan Hingga Lambung

18 November 2018, 11:55:59 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
pengentalan darah, obat pengencer darah, efek samping pengencer darah,
Ilustrasi obat pengencer darah. Obat Pengencer darah ternyata memiliki efek samping. (TheHealthSite.com)
Share this

JawaPos.com - Masyarakat belakangan sering mendengar soal obat pengencer darah. Dalam istilah medis, obat pengencer darah disebut dengan antitrombotik.

Seperti diketahui, obat pengencer darah bekerja mencegah terjadinya penggumpalan di pembuluh darah. Tak semua orang sembarangan mengonsumsi obat ini. Dan tentu setiap obat ada efek sampingnya.

Menurut dr. Ari, obat pengencer darah bisa membawa efek samping. Karena tujuannya untuk mengencerkan darah, maka efek sampingnya bisa terjadi perdarahan. Selain itu menyebabkan luka pada usus dan lambung.

pengentalan darah, obat pengencer darah, efek samping pengencer darah,
Ilustrasi orang sakit. Obat pengencer darah bisa sebabkan luka pada lambung. (Istimewa)

"Risikonya mudah terjadi pendarahan. Pada gusi, atau buang air besar, usus dan lambung. Misalnya dengan Aspirin berdampak di dinding lambung. Harus ada kehati-hatian, ada risiko terjadi perdarahan di lambung," kata dr. Ari.

Apalagi pada pasien yang sebelumnya sudah memiliki riwayat luka pada lambungnya. Harus lebih berhati-hati.

"Ada risiko terjadinya perdarahan di lambung. Pada beberapa pasien, dikombinasi dengan obat-obat lambung," ungkap dr. Ari.

Namun dia menegaskan tak semua pasien mengalami efek samping tersebut. Maka ada pasien yang tidak apa-apa jika tak diberikan obat lambung.

"Bisa saja hanya pengencer darah saja enggak ada masalah. Atau dikombinasi dengan obat lain. Itu nanti dokter yang memutuskan. Tak semua pasien, tetapi harus memperhatikan risikonya," katanya.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up