alexametrics

Yuk, Rutin ke Dokter Gigi Sekaligus Periksa Kanker Mulut!

16 Desember 2018, 12:50:40 WIB

JawaPos.com – Berapa kali Anda pergi ke dokter gigi? Apa hanya saat sakit gigi saja? Seseorang disarankan untuk rutin memeriksakan giginya ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Tak hanya saat sakit saja, tetapi pergi ke dokter gigi juga bisa mendeteksi penyakit lain, salah satunya kanker mulut.

Kanker mulut diawali dengan gejala lesi (luka) dan perubahan warna. Meskipun deteksi awal kanker rongga mulut sangat penting dilakukan, namun masih sedikit dokter gigi yang menerapkannya. Berdasarkan data Konsil Kedokteran Indonesia, tercatat ada 35.207 dokter gigi dan 102 dokter spesialis penyakit mulut.

Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, Sp.BM (K)., MM mengatakan, diagnosis dini kanker mulut telah menjadi prioritas tujuan kesehatan sehingga masyarakat membutuhkan profesional kesehatan yang handal. Peran itu bisa dilakukan oleh dokter gigi.

“Di sini dokter gigi memegang peran penting. Dokter gigi tidak hanya memeriksa masalah pada gigi, tapi penting untuk melakukan deteksi awal kanker mulut,” jelasnya dalam konferensi pers baru-baru ini.

Ia juga mengimbau kepada semua dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan rongga mulut pasiennya secara komperhensif. Salah satunya mengecek jaringan lunak maupun jaringan keras gigi.

Secara global, tercatat 300.373 kasus kanker rongga mulut dan 145.353 kematian akibat kanker rongga mulut pada tahun 2012. Lebih dari separuh kanker rongga mulut di dunia terjadi di wilayah Asia yang diperkirakan 168.850 kasus baru terdianogsis.

Dari jumlah tersebut sekitar 11 persen penderita kanker mulut berasal dari wilayah Asia Tenggara. Rata-rata datang sudah dalam stadium lanjut karena awalnya tak mengira ada kanker atau terlambat deteksi dini.

Editor : Deti Mega Purnamasari

Reporter : (ika/JPC)


Close Ads
Yuk, Rutin ke Dokter Gigi Sekaligus Periksa Kanker Mulut!