alexametrics

Kanker Mulut Mirip Sariawan, Ayo Periksa Sendiri!

16 Desember 2018, 12:05:16 WIB

JawaPos.com – Hampir semua orang pernah mengalami sariawan. Luka di mulut itu tentu membuat tak nyaman, nyeri, dan membutuhkan waktu berhari-hari untuk sembuh. Namun jangan sepelekan luka yang tak kunjung sembuh itu jika sampai berbulan-bulan.

Kanker mulut rupanya memiliki gejala mirip sariawan. Kanker mulut juga diawali dari pertumbuhan masa jaringan lunak mulut yang tidak dapat dikendalikan atau ganas.

“Kanker ini sering dianggap remeh. Tidak penting karena dianggap bisa sembuh sendiri. Lesi (luka) putih dianggap jamur. Lesi (luka) merah iritasi/infeksi. Mirip dengan lesi/sariawan pada mulut pada umumnya,” kata Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia, Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD, baru-baru ini dalam konferensi pers.

Drg. Rahmi pun mengedukasi masyarakat untuk menghentikan faktor penyebab atau risikonya. Caranya dengan mengenali perubahan pada rongga mulut. Skrining dan deteksi dini. Hingga Samuri (Periksa Mulut Sendiri).

“Untuk itu kami melakukan edukasi dan sosialisasi yang lebih banyak lagi. Salah satunya dengan gerakan SaMuRi,” ungkapnya.

Melalui gerakan ini masyarakat diajarkan bagaimana melakukan pemeriksaan mulut secara mandiri. Masyarakat juga disarankan menjaga kebersihan rongga mulut dengan baik.

Masyarakat banyak yang tidak mengetahui tanda-tanda awal kanker rongga mulut, sehingga pada umumnya baru diketahui di tahap kanker stadium lanjut. Hal ini terjadi karena masih rendahnya pengetahuan masyarakat dan kurangnya informasi serta edukasi.

“Untuk menjaga kebersihan mulut bukan hanya sekedar menyikat gigi secara baik dan benar yang merupakan gold standard memelihara kebersihan mulut, namun pada kasus tertentu diperlukan antiseptik yang salah satunya yang mengandung chlorhexidine atau bahan lainnya,” tegasnya.

Editor : Deti Mega Purnamasari

Reporter : (ika/JPC)


Close Ads
Kanker Mulut Mirip Sariawan, Ayo Periksa Sendiri!