JawaPos Radar | Iklan Jitu

Hindari 7 Pencetus Kanker Mulut dengan Cara Mudah

16 Desember 2018, 13:40:59 WIB
Hindari 7 Pencetus Kanker Mulut dengan Cara Mudah
Ilustrasi seseorang mengalami kanker mulut yang mematikan ((dok express.co.uk))
Share this

JawaPos.com - Berbagai macam faktor bisa memicu timbulnya kanker. Meski belum jelas apa penyebabnya, namun ada faktor pencetus yang bisa dihindari. Caranya mudah, cukup dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia, Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD, menjabarkan tujuh pencetus risiko kanker mulut. Maka bagi siapapun mulai sekarang sebaiknya menghindari hal itu dan melakukan pola hidup sehat. Apa saja?

"Faktor penyebab akan berinteraksi dengan faktor yang lain dengan waktu yang lama untuk menghasilkan kelainan yang dapat dilihat secara klinis," katanya dalam konferensi pers baru-baru ini.

Alkohol dan Rokok
Kedua hal ini merupakan salah satu penyebab kanker mulut. Incidence kanker mulut meningkat pada perokok yang juga minum alkohol sebanyak 7x lipat. Ethanol meningkatkan permeabilitas mukosa mulut sehingga penetrasi zat-zat karsinogenik dari tembakau semakin besar.

Menyirih
Cara dan komposisi sirih yang digunakan berbeda-beda di tiap daerah dan negara. Perbedaannya dalam penggunaan pinang. India, Indonesia bagian Barat, Malaysia, Singapore, Pakistan, Bangladesh menggunakan pinang tua, sedangkan Tiongkok, Taiwan, Indonesia Timur menggunakan pinang muda.

Buah Pinang
Kebiasaan mengunyah sirih dengan buah pinang telah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO 2003 sebagai salah satu faktor risiko kanker mulut. Bahan karsinogenik mengandung arecoline, arecaidine, guvacine, dan guvacoline.

Pola Makan
American Institute for Cancer Research tahun 1997 menemukan bahwa pola makan berperan penting pada perkembangan penyakit kronis termasuk kanker. WHO (2003): 30 persen kanker. Studi mengenai pola makan dan kanker mulut amat jarang. Cara pengolahan makanan juga amat mempengaruhi nutrient yang terkandung. Diet rendah serat (sayur, buah-buahan) dan omega 3-6 yang tidak seimbang cenderung meningkatkan risiko terjadinya kanker termasuk kanker mulut.

Virus
Virus Human Papioma Virus (HPV) no 16 telah banyak ditemukan pada kanker mulut. HPV juga menyebakan kanker mulut rahim (cervix). HPV menyebakan mutasi dari gen P53 (yang banyak ditemukan di kanker mulut)

Faktor Genetik
Keturunan dan Genetik polimorphisme (variasi genetik) dapat meningkatkan risiko, atau nutasi gen tertentu (p53, p16, Ki67, dll).

Jamur
Candida albicans flora normal swrta NACA (non albicans candida) ditemukan banyak pada kasus keganasan. Spora jamur yang masuk ke jaringan lunak dapat menyebabkan perubahan sel (displasia). Nitrosamines yang diproduksi oleh candida dapat mengaktifkan proto-oncogen.

Editor           : Deti Mega Purnamasari
Reporter      : (ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up