JawaPos Radar | Iklan Jitu

World Sleep Day 2018

Jangan Biasakan Tidur Tengkurap, Simak Bahayanya

16 Maret 2018, 12:05:59 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Jangan Biasakan Tidur Tengkurap, Simak Bahayanya
Ilustrasi bahaya tidur tengkurap untuk kesehatan (Mattress Advisor)
Share this

JawaPos.com - Tahukah Anda, kebiasaan tidur dengan posisi tengkurap ternyata bisa berbahaya. Sayangnya, masih banyak orang yang menerapkannya. Sebab, tentu saat tidur, tiap orang tak sadar dengan posisi masing-masing.

Pada momentum Hari Tidur Sedunia 16 Maret, semestinya semua orang sudah mulai sadar bagaimana posisi tidur yang baik. Ada beberapa posisi tidur yang direkomendasikan agar tubuh lebih sehat.

"Sebab kalau tidur kan kadang berubah-ubah. Asal jangan tidur tengkurap," tegas Direktur Utama RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Iwan Dakota kepada JawaPos.com, Jumat (16/3).

Jangan Biasakan Tidur Tengkurap, Simak Bahayanya
infografis langkah tepat untuk tidur singkat berkualitas (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

Iwan menilai tidur tengkurap membuat seseorang tak nyaman. Selain itu, akan berdampak buruk pada kesehatan jantung dan kesulitan bernapas.

"Tengkurap itu tak nyaman. Orang akan kesulitan bernapas. Tengkurap membuat leher agak tertekuk dan saluran atas pernapasan terganggu," ujarnya.

Posisi tidur tengkurap menyebabkan lubang hidung tersumbat oleh bantal atau kasur, sehingga saluran pernapasan terimpit bobot tubuh. Lalu dada terasa lebih berat.

Tidur tengkurap juga membuat jaringan jantung bekerja keras karena saluran aorta tertekan. Sehingga saat tidur tengkurap atau setelahnya membuat ritme jantung menjadi tidak beraturan dan terkadang dada terasa sakit.

"Yang dianjurkan adalah tidur miring ke kanan dan ke kiri lalu telentang," tutup Iwan.

(ika/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up