JawaPos Radar

Begini Posisi Tidur Terbaik Buat Si Gemuk dan Si Langsing

16/03/2018, 13:00 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Begini Posisi Tidur Terbaik Buat Si Gemuk dan Si Langsing
Ilustrasi posisi tidur yang nyaman (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Posisi tidur bisa menentukan kualitas kesehatan sepanjang hari. Jika posisi tidur tak nyaman, aktivitas esok hari pun jadi tak maksimal karena mengalami banyak gangguan. mulai rasa kantuk yang tak tertahan hingga rasa nyeri pada leher dan punggung.

Posisi tidur juga ternyata ditentukan oleh berat badan seseorang. Bagi yang langsing atau yang kegemukan (obesitas) tentu memiliki posisi tidur paling nyaman.

"Yang paling dianjurkan adalah tentu telentang, miring kanan dan kiri," ungkap Direktur Utama RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Iwan Dakota kepada JawaPos.com, Jumat (16/3).

Iwan menambahkan untuk seseorang yang obesitas tentu tak nyaman jika tidur telentang. Sebab, hal itu seolah membuat napasnya lebih sesak.

"Kalau obesitas paling nyaman tidur posisi ke kanan dan ke kiri," katanya.

Sedangkan seseorang yang langsing atau ramping, kata Iwan, bebas mau tidur dengan posisi apa saja. Asalkan tidak dianjurkan untuk semua orang tidur tengkurap.

"Kalau ramping sih terserah ke mana saja, tak masalah asal jangan tengkurap," tegas Iwan.

Sebab, tidur tengkurap apalagi untuk obesitas, akan membuat seseorang sulit bernapas. Tidur dalam posisi ini juga bisa membuat banyak ketegangan pada leher dan menyebabkan sakit pada punggung, karena lekukan pada tulang belakang.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up