JawaPos Radar | Iklan Jitu

World Sleep Day 2018

Baik untuk Kesehatan, Ini Posisi Tidur yang Direkomendasikan Ahli

16 Maret 2018, 11:10:59 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Baik untuk Kesehatan, Ini Posisi Tidur yang Direkomendasikan Ahli
Ilustrasi posisi tidur juga bisa mempengaruhi kesehatan (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Dunia mengajak semua orang untuk lebih sehat dengan membenahi posisi tidur dalam momen Hari Tidur Sedunia (World Sleep Day) setiap 16 Maret. Masih banyak orang tidak mengetahui posisi tidur yang tepat, sehingga belakangan muncul masalah kesehatan.

Disease Prevention Expert yang juga CEO dari In Harmony Vaccination dr. Kristoforus Hendra Djaya SpPD menjelaskan memang tidak ada posisi tidur yang paling benar. Akan tetapi ada beberapa posisi tidur yang direkomendasikan.

"Ada beberapa posisi tidur yang bisa menjadi rekomendasi yakni posisi miring meringkuk dan miring tegak," kata Kristoforus kepada JawaPos.com, Kamis (15/3).

Baik untuk Kesehatan, Ini Posisi Tidur yang Direkomendasikan Ahli
Infografis World Sleep Day (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

Posisi Miring Meringkuk (Seperti Janin)

Posisi tidur berbaring meringkuk ke salah satu sisi menjadi favorit pada 40 persen manusia, terutama wanita. Posisi ini memberikan kesempatan pada tulang punggung untuk beristirahat. Selain itu posisi ini dikatakan juga bisa mengurangi risiko alzheimer dan parkinson.

"Karena otak dapat membersihkan sisa-sisa metabolisme dengan lebih baik. Posisi ini juga baik bagi ibu hamil," kata Kristoforus.

Posisi Miring Tegak

Posisi favorit ini paling banyak diterapkan pada 15 persen manusia. Posisi ini membuat tubuh berbaring miring ke satu sisi namun kedua lengan lurus ke bawah melekat pada tubuh.

"Posisi ini mengurangi kemungkinan sleep apnea (henti napas saat tidur) dan nyeri leher dan punggung karena tulang belakang tetap lurus," tandasnya.

(ika/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up