alexametrics

Minum Kopi Sebabkan Jantung Berdetak Cepat dan Maag, Mitos Atau Fakta?

15 April 2019, 05:49:08 WIB

JawaPos.com – Seringkali orang menghindari kopi karena punya alasan maag atau gangguan pencernaan. Ada pula yang beralasan, usai minum kopi membuat detak jantungnya berdetak cepat. Lantas apa kaitannya kopi dengan maag dan penyakit jantung? Benarkah kopi pemicunya?

Ahli Spesialis Penyakit Jantung Prof. Dr. dr. Yoga Yuniadi, SpJP(K), menjelaskan penyakit maag menyebabkan perut kembung, dengan membuat lambung mengembang. Kafein yang terdapat dalam kandungan kopi dapat meningkatkan produksi asam dan peradangan pada lambung.

“Maka untuk tetap bisa minum kopi harus mengetahui kopi dengan takaran kafein yang rendah,” katanya kepada JawaPos.com baru-baru ini di sela-sela konferensi pers bersama RS Columbia Asia.

Selain mengurangi kafein, kopi dengan latte biasanya lebih ringan bagi penderita asam lambung. Sehingga sebaiknya disarankan makan terlebih dahulu sebelum minum kopi.

Selain itu, menurut Prof Yoga, minum kopi bisa menyebabkan peningkatan frekuensi dan denyut jantung. “Sebabkan perangsangan saraf dan merangsang jantung. Debaran jantung,”  sambungnya.

Dan hal itu sebaiknya dihindari oleh orang yang punya riwayat kelainan irama jantung. Namun bukan berarti tak baik bagi mereka yang normal.

“Kalau orang tak ada bakat gangguan irama jantung itu baik-baik saja. Dengan kelainan irama jantung minum kopi enggak bagus,” ungkapnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani