alexametrics

Ladies, Ikuti 6 Kiat Ini Agar Siklus Haid Teratur

13 Januari 2019, 16:00:28 WIB

JawaPos.com – Terlambat bulan sering menjadi masalah yang dikeluhkan wanita. Masalah ini umum dialami terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas padat dan stres. Tentu jangan didiamkan, karena pasti ada solusinya.

Bukan hanya terlambat bulan, terkadang masalah lain yang muncul adalah tanggal haid yang tak beraturan. Hal itu membuat perempuan bingung untuk menetapkan kapan waktu haid. Bagi yang sudah menikah, terlambat haid atau tanggal yang teratur bisa menjadi tanda kehamilan yang tak diketahui. Tentu itu tak baik bagi perkembangan janin.

Dilansir dari YourTango, Minggu (13/1), ada beberapa langkah untuk membuat menstruasi teratur. Beberapa cara di antaranya khusus bagi mereka yang sudah menikah.

haid, periode haid, menstruasi,
Latihan yang intensitasnya sedikit lebih ringan tetapi rutin bisa memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi stres. (StayWow)

Konsultasi Penggunaan Pil KB

Jika sudah menikah, konsultasikan dengan dokter kandungan. Pil KB mungkin cara yang paling efektif untuk mengendalikan siklus kapan menstruasi. Selain itu, metode ini dapat membuat periode menstruasi lebih ringan dari kram serta nyeri.

Mandi Air Hangat dan Kompres Pemanas

Pemanas tubuh terutama di area perut bisa digunakan. Atau siasati dengan mandi air hangat selama 20-30 menit. Lakukan beberapa hari berturut-turut. Belum ada bukti ilmiah mengapa ini berhasil, tetapi tampaknya cara ini efektif digunakan secara universal. Cara ini menjelaskan bahwa panas melemaskan otot-otot di perut dan daerah panggul yang memungkinkan rahim dan aliran darah lebih lancar.

Olahraga

Olahraga membuat aliran darah dan kontraksi otot lebih lancar. Namun ingat, olahraga yang terlalu berat dapat memiliki efek samping, tetapi latihan yang intensitasnya sedikit lebih ringan tetapi rutin bisa memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi stres. Yoga bisa menjadi salah satu solusinya.

Berhubungan Intim Teratur

Bagi yang sudah menikah, berhubungan intim teratur bisa mendorong aliran darah ke area intim dan memicu rahim untuk mulai melepaskan lapisannya. Hal itu juga bisa mengurangi nyeri saat haid.

Konsumsi Vitamin C

Jangan terlalu kurus atau terlalu gemuk. Perhatikan konsumsi setiap hari. Makanan seperti pepaya, jeruk, wortel, bayam, dan nanas kaya akan vitamin C atau karoten. Keduanya dikaitkan dengan solusi menstruasi teratur. Vitamin C meningkatkan produksi estrogen yang dapat mengentalkan lapisan dalam rahim sehingga menstruasi lebih mungkin terjadi.

Minumlah Teh Herbal

Bahan herbal secara alami bisa mengatasi menstruasi tak teratur. Teh peterseli bisa menjadi solusi. Rupanya peterseli telah digunakan untuk menginduksi menstruasi selama berabad-abad.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Ladies, Ikuti 6 Kiat Ini Agar Siklus Haid Teratur