alexametrics

Cobalah Cara Beda Menikmati Teh Untuk Obati 4 Penyakit

12 Juni 2019, 09:34:05 WIB

JawaPos.com – Secangkir teh hangat setiap pagi bisa membuat mood lebih bersemangat dan perut merasa nyaman. Untuk tujuan kesehatan, teh sudah lama dipercaya untuk meredakan berbagai penyakit. Misalnya untuk mengobati pencernaan atau flu.

Dilansir dari NDTV, Rabu (12/6), kafein yang terkandung di dalam teh dikenal sebagai obat psikoaktif untuk merangsang sistem saraf dan otot-otot otak dengan secara instan agar memberi energi kembali. Namun, agar khasiat teh lebih optimal, Anda bisa tambahkan bumbu rahasia ke dalamnya.

Sebab, terlepas dari manfaat relaksasi yang diberikan teh, Anda juga dapat menggunakannya untuk menyembuhkan beberapa penyakit yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, apa saja bumbu rahasianya dan bagaimana cara membuatnya?

Obat Sakit tenggorokan

Menambahkan garam ke dalam teh bisa mengobati sakit tenggorokan. (Medical News Today)

Cukup tambahkan sejumput garam ke cangkir teh biasa dan lihat keajaibannya. Garam di dalam teh akan bekerja di tenggorokan, jika menderita batuk, sakit, atau radang. Garam membantu mengurangi pembengkakan dan membersihkan bakteri penyebab infeksi.

Sembelit

Tambahkan satu sendok mentega ke dalam cangkir teh panas yang baru saja dibuat. Mentega yang dikonsumsi dengan teh panas akan melumasi sistem pencernaan dan membantu pergerakan usus halus. Mentega juga mengurangi kadar asam dalam lambung, yang mencegah refluks asam dan membantu pencernaan makanan dengan mudah.

Flu

Saat membuat teh, tambahkan saja 5-6 daun kemangi untuk meringankan hidung dingin saat flu. Selain menambah rasa segar, sifat anti-inflamasi dan antioksidan dari kemangi bisa melawan flu.

Nyeri Haid

Bagi perempuan yang menderita menstruasi yang menyakitkan, menambahkan setengah sendok teh biji adas ke dalam teh bisa sangat membantu. Sifat menenangkan dari biji adas mengurangi kontraksi uterus yang menjadi penyebab kram menstruasi dan nyeri.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads