alexametrics

4 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Gigi dan Timbulkan Karang

12 Januari 2019, 11:38:39 WIB

JawaPos.com – Sudah bukan rahasia lagi bahwa menjaga gigi dengan baik memang sangatlah sulit. Apalagi, dilihat dari kebiasaan menyikat gigi yang tidak teratur. Tak heran jika setiap orang pasti memiliki karang gigi akibat tidak memperhatikan kebersihan gigi.

“Karang gigi disebabkan oleh sisa makanan yang termineralisasi. Pertumbuhan karang gigi setiap orang itu berbeda-beda, ada yang cepat, ada yang lambat tergantung dari kekentalan cairan ludah pasien,” kata Drg. Richyani Swanghayu Putri, MM, dokter gigi, ketika ditemui di Klinik Jakarta Smile, Plaza Atrium Senen, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Dokter Richyani juga mengatakan semakin kental cairan ludah akan semakin cepat pertumbuhan karang gigi tersebut. Karang gigi jika dibiarkan akan menyebabkan bau mulut, gigi goyang, dan gusi berdarah.

4 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Gigi dan Timbulkan Karang
Merokok adalah salah satu kebiasaan yang bisa merusak warna pada gigi. (boldsky)

Agar gigi tidak semakin rusak, maka hindari 4 kebiasaan yang merusak gigi berikut ini.

1. Sikat Gigi Pagi dan Malam

Sejak kecil setiap orang memang diajarkan untuk menyikat gigi dua kali sehari. Sayangnya, yang selalu diabaikan orang adalah tidak menyikat gigi sebelum tidur. Padahal, yang paling mempengaruhi kesehatan gigi adalah saat sedang tidur.

“Yang perlu ditekankan sebelum tidur, karena ketika lagi tidur mulut cenderung acid dan dari sisa-sisa makanan pada gigi itulah terjadinya lubang serta karang gigi ketika tidur,” kata Richyani.

2. Tidak Menjaga Warna Gigi

Biasanya makanan yang paling mempengaruhi perubahan warna gigi menjadi kuning adalah kopi, teh, dan rokok. Mau tidak mau, penyuka minuman tersebut memang harus membersihkan gigi secara langsung di dokter gigi. Sebab, biasanya gigi kuning seperti itu tidak dapat dibersihkan dengan cara menyikat gigi atau kumur-kumur saja.

3. Memakai Bahan Kimia Tanpa Konsultasi

Saat ini memang sudah banyak tutorial bagaimana membersihkan dan mengembalikan warna gigi menjadi putih seperti semula. Salah satunya dengan menggunakan baking soda. Tetapi, alangkah baiknya jika konsultasi ke dokter gigi terlebih dahulu.

“Sebaiknya dikonsultasikan dulu karena ketika pakai baking soda kalau menempatkannya tidak tepat akan merusak jaringan gusi,” lanjut Richyani Swanghayu.

Dia juga mengatakan bahwa pemakaian zat kimia yang tidak terkontrol akan merusak gigi dan lebih baik diminimalisir.

4. Mengabaikan Lubang Kecil

Kebanyakan orang menyepelekan lubang kecil pada gigi, padahal lubang kecil tersebut merupakan indikasi gigi rusak yang bisa melebar dan pecah.

“Padahal saat lubang kecil itu lebih baik segera ditambal, karena begitu sudah membesar terkadang sudah tidak terasa sakit dan itu kondisinya sudah semakin parah,” tutup Richyani.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : Inriyani Sembiring



Close Ads
4 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Gigi dan Timbulkan Karang