JawaPos Radar

Penelitian Ungkap Fakta Kalau Kurang Tidur Bisa Picu Diabetes Tipe 2

10/09/2018, 08:25 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
diabetes tipe 2, penyebab diabetes,
Ilustrasi. Peneliti ungkap hubungan kurang tidur sebagai penyebab diabetes tipe 2. (Hello sehat.)
Share this

JawaPos.com - Peringatan bagi seseorang yang mengalami kekurangan tidur. Sebab, dari hasil penelitian di Jepang kurang tidur dapat membuat beresiko terkena diabetes tipe 2.

Dilansir dari diabetes.co.uk, Senin (10/9), menyebutkan peneliti dari Jepang mengatakan sulit tidur malam dapat mempengaruhi fungsi hati ketika memproduksi dan memproses gula. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah melaporkan mendapatkan tidur terganggu atau berkualitas buruk dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Namun dalam penelitian ini, peneliti dari Toho University Graduate School of Medicine ingin menyelidiki mekanisme yang mendasari kekurangan tidur. Serta bagaimana kekurangan tidur dapat menyebabkan intoleransi glukosa. Uji coba ini melibatkan pemantauan tikus dengan membiarkan separuh hewan terjaga selama enam jam di malam hari. Kemudian membiarkan setengahnya lagi tertidur.

Kedua kelompok itu menawarkan makanan tinggi kalori dan air gula tanpa batas dan diberi kesempatan olahraga terbatas. Setelah periode penelitian berakhir, setiap tikus memiliki kadar glukosa dan kadar lemak hati yang diukur. Mereka menemukan kadar gula darah lebih tinggi pada kelompok hewan yang kekurangan tidur, dibandingkan dengan hewan yang diizinkan untuk beristirahat.

Mereka juga melihat perubahan fungsi hati setelah hanya satu malam kurang tidur. Pola tidur yang kurang juga mengubah pola enzim yang diperlukan untuk mengatur metabolisme hati. Studi ini menunjukkan bahwa setidaknya ada efek jangka pendek pada tikus dalam hal meningkatkan resistensi insulin dan fungsi hati.

Hasil penelitian telah dipublikasikan dalam American Journal of Physiology-Endocrinology and Metabolism. Tidur nyenyak penting untuk memperbaiki dan menurunkan risiko diabetes. Berikut tips untuk mendapatkan tidur berkualitas.

1. Jaga glukosa darah Anda terkendali
2. Pastikan tempat tidur Anda besar dan cukup nyaman - dan bantal di tempat yang nyaman
3. Pastikan kamar Anda sejuk (sekitar 18 derajat celcius) dan berventilasi baik
4. Pastikan kamar Anda gelap dan bebas dari kebisingan. Jika hal ini tidak memungkinkan, Anda dapat memanfaatkan penutup mata tidur atau penutup telinga.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up