Ayo Cek Kandungan Gula Mulai dari Menu Sarapan, Makan Siang, dan Malam

09/09/2018, 07:40 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Ilustrasi. Menu sarapan, makan siang dan malam mengandung gula tersembunyi. (Food52)
Share this

JawaPos.com - Seseorang sering lupa diri ketika sudah menyantap makanan dan minuman. Tak menyadari berapa kebutuhan kalori maksimal yang seharusnya dikonsumsi tubuh. Tapi tahukah Anda kalau tiap makanan memiliki kandungan gula tersembunyi?

Dalam sehari rata-rata seseorang membutuhkan kalori 1500. Jika melebihi, maka bisa menyebabkan kelebihan asupan atau kegemukan.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK dalam Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2018 bersama Pepsodent baru-baru ini menyebutkan ada makanan dan minuman yang mengandung gula tersembunyi. Sekalipun makan tersebut mengeluarkan rasa asin atau bukan memiliki manis.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK dalam Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2018 bersama Pepsodent. (Dok. Pepsodent)

Termasuk dalam menu sarapan, makan siang dan malam, yang memiliki kandungan gula tersembunyi. Simaklah makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi dari mulai sarapan, makan siang, dan makan malam.

1. Makan Pagi

Dokter Diana menyebutkan ada tiga jenis sarapan yang biasa dikonsumsi sebagai menu favorit. Dia melakukan survei di 10 perkantoran di Jakarta Selatan.

"Top Three yaitu lontong sayur, bubur ayam, dan nasi uduk. Itu semua mengandung gula yang tinggi dan tersembunyi," ungkap dr. Diana.

Bubur ayam mengandung 1,9 gram gula. Nasi uduk 1,8 gram gula. Lontong sayur mengandung 3 gram gula. Gula juga diperoleh dari bumbu.

"Anak-anak juga kan paling simple sereal. Sereal itu 7 gram gula dengan susu 23 gram. Lalu nasi telur ceplok 0,1 gram. Roti keju hampir 3 gram. Banyak gula tersembunyi," jelasnya.

2. Makan siang

Untuk makan siang tentu lebih banyak gula tersembunyi yang dikonsumsi karena menunya lebih berat. Nasi rendang bumbu gulai dan sambal mengandung gula 1,5 gram. Es teh manis dengan 1 sendok teh 4,2 gram gula. Mi ayam dan gado-gado lontong di atas 1 gram. Nasi nugget 0,6 gram gula.

"Walaupun di bawah 1 gram tetap ada gulanya," jelasnya.

3. Makan Malam

Misalnya memilih makan soto maka mengandung gula 1,1 gram gula. Lontong atau ketoprak menggunakan numbu kacang dan kecap mencapai 3,1 gram. Nasi goreng 1,1 gram. Sop ayam di bawah 1 gram, dan nasi capcay 3,2 gram.

"Ternyata capcay tinggi, dikasih ayam, kuah tepung maizena lalu ditambah nasinya," jelasnya.

4. Dessert

Tentu untuk makanan penutup paling mengandung gula tersembunyi paling tinggi.
Snack atau kudapan yaitu 7 gram gula. Paling dahsyat adalah pudding sebanyak 22 gram gula.

"Karena pudding mengandung tepung, gula, dan gelatin fla untuk sausnya. Maka ayo ukur batasan gula yang kita konsumsi jangan melebihi takaran ideal," tegas dr. Diana.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi