5 Makanan yang Dikira Sehat pun Mengandung Gula Tersembunyi

09/09/2018, 09:55 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Makanan sehat seperti yogurt ternyata memiliki kandungan gula tersembunyi. (Serious Eats)
Share this image

JawaPos.com - Gula memang sangat sulit untuk dihindari, bahkan ketika seseorang mulai menerapkan pola gaya hidup sehat. Seseorang yang mencoba diet untuk tidak makan nasi, ternyata belum tentu bebas gula. Karena ada kandungan gula tersembunyi dalam makanan.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK dalam Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2018 bersama Pepsodent baru-baru ini menjelaskan beberapa jenis makanan dan minuman yang dianggap sehat namun tidak luput dari kandungan gula tersembunyi. Maka jangan yakin dulu makanan Anda bebas gula meski sudah diet karbo.

"Sudah hidup sehat, ternyata enggak juga. Banyak bahan makanan dikira sehat tapi ternyata kandungan gulanya juga tinggi," kata dr. Diana.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK dalam Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2018 bersama Pepsodent (Dok. Pepsodent)

Contohnya apa saja?

Dia mencontohkan buah-buahan (baik buah asli maupun hasil olahannya), sereal, snack bar granola, yogurt, dan susu almond, dan banyak lainnya. "Masalahnya orang Indonesia berpikir oh itu sehat jadi boleh dikonsumsi sebanyak-banyaknya. Padahal itu harus dihindari," ujarnya.

Sebab jika konsumsi gula berlebih, menyebabkan penyakit gaya hidup rentan menghantui. Salah satunya penyakit diabetes, hipertensi, jantung, dan lainnya.

"Berbahaya kalau berlebihan. Ekstra kalori akan lari ke obesitas. Sudah begitu akan mengganggu insulin, akibatnya diabeters. Diabet enggak hanya penyakit yang diturunkan tetapi sekarang akibat gaya hidup. Lalu kolesterol tinggi, trigliserida (lemak yang mengendap) meningkat.

Granola

Masyarakat yang sedang diet, saat ini memilih granola yang diyakini rendah kalori. Granola adalah pengganti nasi yaitu makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering. Ternyata kandungan gulanya 20 gram per sajian.

Snack Bar

Snack bar atau healthy bar yang diklaim dari buah-buahan juga mengandung gula tersembunyi. Jika dihitung, gulanya 10-20 gram per sajian.

Yogurt

Minuman ini tentu sering dijadikan campuran smoothies atau minuman pendukung diet. Siapa sangka, yogurt juga mengandung gula. Yaitu 20 gram per sajian.

Sereal

Sereal terbuat dari gandum utuh pilihan yang banyak dikonsumsi anak-anak. Namun ternyata sereal mengandung gula tersembunyi yaitu 7 gram gula. Apabila dicampur susu akan bertambah 23 gram gula. Tak heran banyak anak dengan obesitas saat ini.

Susu Almond

Susu almond saat ini sedang menjadi tren. Susu ini terbuat dari kacang almond yang dianggap menyehatkan. Padahal susu almond juga mengandung gula tersembunyi sebanyak 10,5 gram per sajian.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi