alexametrics

Buktikan Manfaat Sehat Bawang Merah Untuk Pasien Diabetes

9 Juni 2019, 10:20:29 WIB

JawaPos.com – Ancaman penyakit diabetes terus menghantui seiring berkembangnya gaya hidup tinggi gula dan kalori. Diabetes adalah suatu kondisi yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproses gula darah secara normal, yang menyebabkan kelebihan glukosa dalam darah.

Perlu diketahui, Ada dua jenis diabetes yakni tipe-1 dan tipe-2. Pasien diabetes umumnya harus mengubah pola hidup menjadi lebih disiplin terhadap asupan. Selain obat, bantuan herbal atau resep tradisional biasanya bisa membantu untuk mengontrol kadar gula darah.

Gejala pasien diabetes pada tahap awal yakni sering haus, sering ingin buang air kecil, kelelahan dan kelaparan dan bahkan penglihatan kabur dalam beberapa kasus. Penderita diabetes harus sangat berhati-hati dengan  apa yang mereka makan setiap hari dan bahkan setiap jam.

Lalu selain obar, apakah ada yangbisa dilakukan untuk mengontrol diabetes?

Bawang merah bisa menjadi salah satu solusi ampuh untuk mengatur gula darah. Dilansir dari NDTV, Minggu (9/6), bawang merah kaya akan senyawa quercetin, yang merupakan flavonoid dan memiliki sifat anti histamin.

Studi lain yang dilakukan pada tikus menyimpulkan bahwa menu yang mengandung 5 persen ekstrak bawang merah dan dikonsumsi selama 28 hari mampu menurunkan kadar glukosa darah puasa. Efek anti-diabetes dari bawang merah ini berasal dari kandungan senyawa quercetin dan sulfur di dalamnya.

Masukan bawang merah ke dalam salad, roti lapis, bubur, hidangan nasi merah, dan lainnya. Namun ingat, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter sebelum menambahkan makanan apa pun ke dalam menu bagi pasien diabetes.

Kandungan Nutrisi Bawang Merah

Satu mangkok bawang merah cincang dikatakan mengandung 64 kalori, 15 gram karbohidrat, 0 gram lemak, 3 gram serat, 2 gram protein, 0 gram kolesterol, 7 gram gula, dan 10 persen atau lebih dari nilai harian untuk vitamin C, vitamin B-6 serta mangan. Bawang merah juga mengandung sejumlah kecil kalsium, zat besi, folat, magnesium, fosfor, kalium dan antioksidan quercetin serta belerang.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads