alexametrics

Makanan Tinggi Gula dan Karbo Bisa Sebabkan Diabetes pada Anak

9 April 2019, 18:18:11 WIB

JawaPos.com – Diabetes tak hanya menghantui kaum tua. Seiring pergeseran gaya hidup, diabetes bisa saja menyerang usia anak. Mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi menjadi salah satu pemicu diabetes di usia anak.

Pediatric Cardiology Consultant, dr. Piprim Basarah Yanuarso, SPA(K), mengungkapkan, makanan tinggi gula dan karbohidrat dapat menyebabkan obesitas, yang bis berujung pada diabetes melitus tipe 2. Namun, masyarakat kurang menyadari hal tersebut.

“Pada anak-anak biasanya tipe 1 karena gangguan produksi insulin tapi kemudian yang tipe 2 jadi banyak karena lifestyle, ini yang jadi konsen kita. Artinya bahwa gaya hidup tidak sehat itu sekarang sudah merambah ke anak-anak,” kata dr. Piprim Basarah Yanuarso, SPA(K), Pediatric Cardiology Consultant beberapa waktu lalu.

Untuk itu, sudah seharusnya para orang tua mengurangi makanan olahan berkarbohidrat tinggi dengan sayuran, buah-buahan, dan protein hewani. Seperti telur, ati ayam, dan ikan. Semuanya memiliki serat yang tinggi namun rendah gula.

“Banyak makan-makanan alami, telur ikan, daging, ati ayam, kalau kita makan berikut lemaknya itu mengenyangkan. Tapi kalau buatan pabrik, makan satu kurang, ya akhirnya sebungkus dalam waktu singkat ini yang namanya sugar craving, insulinnya naik gulanya diturunkan. Begitu turun gulanya dia laper lagi,” tambah dr. Piprim.

Lalu jangan biasakan untuk membebaskan anak membeli jajanan sendiri. Gaya hidup rendah karbohidrat ini tidak hanya menjadi fokus perhatian untuk anak-anak saja tetapi remaja dan dewasa pun sangat penting.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring



Close Ads