alexametrics

Ketahui 4 Penyebab Selaput Dara Robek Selain Hubungan Seksual

9 Maret 2019, 07:40:45 WIB

JawaPos.com – Selaput dara atau hymen adalah jaringan mukosa tipis yang mengelilingi seluruh atau sebagian liang vagina luar. Selaput dara dikatakan bisa robek jika seseorang telah melakukan hubungan seksual. Tapi, robeknya selaput dara ternyata bisa disebabkan hal lain.

Usia pun bukan jaminan kalau selaput dara seorang perempuan masih utuh. Seperti yang diungkapkan Dokter Spesialis Ginekolog, dr. Riyana Kadarsari, Sp.OG, kalau selaput dara bisa saja sudah robek atau terluka sejak masih anak-anak.

Misalnya, ungkap dr. Riyana, seorang anak jatuh dari sepeda sehingga selaput daranya robek atau terluka. “Hymen dapat juga teregang atau robek karena hal lain seperti kecelakaan pemeriksaan medis, masturbasi, atau aktifitas fisik,” ujar dr. Riyana saat dihubungi JawaPos.com beberapa waktu lalu.

selaput dara, sebab selaput dara robek,
Ilustrasi. Selaput dara setiap perempuan memiliki beragam tipe atau sensivitas berbeda. (Eco Femme)

Terlebih setiap perempuan memiliki beragam tipe atau sensivitas selaput dara itu sendiri. Meskipun selaput dara setengah bulan adalah bentuk paling umum yang dimiliki perempuan.

Untuk lebih jelasnya, seperti dilansir dari Daily Hunt, Sabtu (8/3), ada 4 hal paling umum yang bisa menyebabkan selaput dara rusak atau robek selain situasi seksual.

1. Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik yang melibatkan bagian Miss V atau vagina berisiko merusak selaput dara. Misalnya terlibat dalam olahraga bersepeda, menunggang kusa, dan lompat tinggi.

2. Masturbasi

Ketika seorang perempuan melakukan masturbasi dengan sex toys atau vibrator, itu berisiko merusak atau merobek selaput dara.

3. Penanganan Medis

Menggunakan instrumen selama tindakan medis atau operasi bisa menyebabkan merusakan selaput dara. Namun, untuk lebih jelasnya, ada baiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter.

4. Kecelakaan

Seseorang yang pernah mengalami kecelakaan berisiko mendapati selaput daranya rusak atau robek. Entah itu saat masih kecil atau remaja, kecelakaan bisa merusak selaput dara.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring

Close Ads
Ketahui 4 Penyebab Selaput Dara Robek Selain Hubungan Seksual