alexametrics

3 Penyakit Bisa Dilawan dengan Minum Air Daun Sirih, Cobalah

8 April 2019, 09:06:59 WIB

JawaPos.com – Zaman dulu, beberapa orang punya kebiasaan mengunyah sirih. Salah satu efek positifnya, gigi mereka kuat dan sehat. Daun sirih yang dikunyah biasanya diisi dengan cagar mawar, cincang pinang, biji adas kering, bubuk kelapa, madu, cengkeh, dan kapulaga.

Dilansir dari NDTV, Senin (8/4), daun sirih juga dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Daun sirih bisa memudahkan pencernaan karena meningkatkan sekresi cairan pencernaan, mengurangi kembung perut, meredakan sembelit dan menghancurkan parasit usus.

Namun disarankan untuk mengonsumsi daun sirih 30 menit setelah makan. Lalu konsultasi dulu pada ahli gizi atau dokter. Berikut penjelasan manfaat daun sirih dan cara mengosumsi selain dikunyah,

1. Untuk Pencernaan Sehat

Daun sirih memiliki khasiat yang karminatif, gastro-protektif dan anti-gas dalam perut, yang semuanya diketahui mempercepat pencernaan yang baik. Ini merangsang pelepasan air liur yang memiliki berbagai enzim di dalam perut untuk memecah makanan, sehingga mudah dicerna.

Cara terbaik untuk memanfaatkan daun sirih adalah dengan merebusnya bersama daun peppermint. Saring airnya dan minum untuk merawat pemcernaan. Khususnya, untuk anak-anak dengan masalah pencernaan.

Tetapi, jika tidak menyukai rasanya, bisa dengan membuat minyak dari daun sirih dan memijatnya di perut. Cara ini akan membantu sekresi jus lambung dan asam pencernaan.

2. Untuk Sembelit

Daun sirih dikemas dengan vitamin C yang membantu tubuh menyingkirkan radikal bebas. Apalagi antioksidan membantu mengatur tingkat pH lambung. Yang harus dilakukan adalah merendam daun sirih dalam air dan menyimpannya dalam semalam. Minumlah air itu dengan perut kosong keesokan paginya atau bisa mengunyah daun sirih yang sudah direndam.

3. Kurangi Nyeri Lambung

Daun sirih menormalkan tingkat pH lambung yang tidak seimbang yang memberikan pertolongan cepat pada nyeri lambung, keasaman dan rasa sakit yang timbul karena masalah kembung. Selain itu, juga menjaga duodenum bersih dari radikal bebas berbahaya serta racun.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani