alexametrics

Simak Baik-baik, Ini Daftar Penyakit Penyebab Gagal Ginjal

8 Maret 2018, 11:30:27 WIB

JawaPos.com – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi sebagai penyaring darah. Semua darah di dalam tubuh melewati ginjal dan harus disaring menjadi zat-zat yang terpakai lagi oleh tubuh.

Namun saat fungsi ginjal ini rusak, tentu berbahaya bagi tubuh karena tidak bisa mengeluarkan racun. Zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh juga terbuang karena fungsi penyaring tersebut sudah rusak.

Penyebab penyakit gagal ginjal bisa dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya disebabkan oleh penyakit lain. Pakar Kesehatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI), Yulia menjelaskan sedikitnya ada empat faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit gagal ginjal, Rabu (7/3).

Diabetes
Orang dengan penyakit diabetes memiliki pembuluh darah yang ada di ginjal tidak lancar, sehingga merusak ginjalnya. Ginjal menjadi kekurangan darah.

Tekanan Darah Tinggi
Salah satu fungsi ginjal adalah mengatur tekanan darah, selain membuang urin dan racun. Ginjal membantu sel darah merah. Oleh sebab itu, pasien dengan penyakit ginjal sering mengalami kemerosotan sel darah merah (HB). Ginjal memiliki sistem pengaturan dengan disertai hormon renin angiotensin aldosteron. Hormon ini mengatur penyerapan garam di dalam tubuh. Jika garam di tubuh terlalu tinggi bisa merangsang hipertensi sehingga lama-lama merusak ginjal.

Sumbatan
Sumbatan bisa terjadi karena kanker atau batu di bagian ginjal. Kanker bisa terjadi di ginjal atau anak ginjal. Akibatnya aliran darah menjadi tak lancar.

Infeksi
Kondisi ini membuat ginjal terinfeksi yang disebabkan oleh bakteri. Pada wanita, bakteri tertular dari luar tubuh yang sering terjadi di saluran kemih. Wanita rentan mengalami infeksi di saluran perkemihan, karena uretra wanita lebih pendek dibanding laki-laki. Sehingga perempuan lebih berisiko. Kandung kemih merupakan muara dari dua saluran ginjal di atasnya. Sementara ginjal ini ibarat filter atau penyaring cairan. Ginjal menyaring darah agar zat-zat dapat dipakai lagi oleh tubuh seperti glukosa, lemak, elektrolit (natrium, zat besi).

Ginjal menyaring zat-zat ini untuk memisahkan darah dari cairan atau racun yang merusak tubuh, misalnya amonia termasuk air. Karena itu urin pasti berbau amonia yang dikeluarkan oleh ginjal.Jika ginjal rusak, maka fungsi penyaring tidak berfungsi dan justru membuang zat-zat penting dan yang ada di dalam tubuh adalah racun yang tak terbuang. Dalam kondisi infeksi, urin biasanya berwarna keruh

Penyebab Lain

Wanita yang juga Edukator Diabetes ini menambahkan penyakit ini merupakan proses tahunan. Bisa jadi sebelumnya seseorang tersebut memang sudah memiliki riwayat penyakit diabetes tanpa disadari. Yulia menambahkan penyakit ginjal merupakan penyakit kronik yang bukan tiba-tiba muncul.

Usia muda saat ini sudah mulai terserang penyakit ini karena gaya hidup tak sehat dan stres yang tinggi akibat pekerjaan. “Mungkin ada diabetes sebelumnya atau hipertensi. Ini bukan penyakit tiba-tiba datang seperti pilek. Prosesnya sudah tahunan,” ungkap Yulia.

Pada pasien berpenyakit ini, sering juga memiliki riwayat minum minuman berenergi agar membuat mata tetap terjaga. Salah satunya profesi sopir atau pekerja lembur.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ika/JPC)



Close Ads
Simak Baik-baik, Ini Daftar Penyakit Penyebab Gagal Ginjal