JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ternyata Stres Bisa Picu Masalah Sembelit, Ini Kata Ahli

07 Desember 2018, 09:15:59 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
pengarh stres, efek buruk stres, penyebab sembelit, sembelit karena stres,
Selebriri dan Travel Enthusiast Mischa Chandrawinata bersama para narasumber dan pakar menjelaskan solusi mengatasi masalah sembelit. (dok Dulcolax)
Share this

JawaPos.com - Sembelit adalah masalah umum yang sering terjadi dan dialami banyak orang. Kondisi itu makin menyiksa apalagi saat di tengah perjalanan atau traveling.

Ahli Kesehatan dari Sanofi Medical Expert dr. Riana Nirmala Wijaya menjelaskan sembelit terjadi ketika saluran pencernaan tidak dapat berfungsi dengan normal. Dan terjadi ketika seseorang hanya buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Sembelit biasanya disebabkan karena makanan dan stres. Bepergian juga dapat memicu perubahan pola diet dan BAB, rasa letih serta 'jet lag' yang dapat menyebabkan perubahan gerakan usus.

"Sebagai akibatnya, akan menimbulkan rasa tidak tuntas saat BAB. Tidak hanya itu, jika dibiarkan, masalah sembelit dapat mengakibatkan pendarahan pada anus bahkan bisa menyebabkan luka pada anus dan sumbatan usus," ungkap dr. Riana dalam keterangan tertulis Dulcolax, Kamis (6/12).

Ternyata stres memang bisa menjadi penyebabnya. Stres merupakan salah satu faktor yang memicu sembelit. Stres dapat memengaruhi pergerakan normal usus sehingga dapat menyebabkan sembelit. Salah satunya diakui oleh Selebriri dan Travel Enthusiast Mischa Chandrawinata.

"Saya pun mengalami banyak kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan saya. Apalagi ketika shooting di luar kota, pola asupan makanan tentu berbeda dengan yang biasa saya konsumsi sehari-hari. Selain itu, kesibukan juga seringkali membuat saya merasa stres," kata Mischa.

Hal itu tentunya mepengaruhi kegiatannya. Apalagi ketika kegiatannya terhambat karena masalah sembelit.

"Oleh karena itu, penting bagi kita untuk dapat mendeteksi dan memahami gejala sembelit agar dapat mengidentifikasi penyebabnya sehingga dapat menentukan solusi yang sesuai," ungkapnya.

Debi Widianti, Senior Brand Manager Consumer Healthcare Sanofi Indonesia menambahkan masalah sembelit seringkali dianggap sepele. Padahal jika dibiarkan dapat menimbulkan gangguan pencernaan yang akan menggangu aktivitas dan tentunya menurunkan kualitas hidup seseorang.

"Oleh karena itu, pada hari ini bersama Dulcolax, kami ingin membantu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk segera mengambil tindakan untuk mengatasi sembelit ketika traveling dengan efektif dan praktis," tutupnya.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up