alexametrics

Buktikan 5 Khasiat Minum Olahan Biji Pepaya secara Rutin

7 Juni 2019, 10:51:21 WIB

JawaPos.com – Biasanya biji pepaya dipisahkan dari daging buahnya. Bentuknya kecil dengan tekstur lembek dan berair, serta dalam jumlah banyak. Banyak manfaat kesehatan dari buah pepaya, termasuk bijinya yang tidak diketahui oleh semua orang.

Tentu saja, biji pepaya terasa pahit jika kita tidak sengaja menggigitnya. Ternyata biji pepaya punya khasiat sehat. Dilansir dari NDTV, Jumat (7/6), Ahli Gizi Dr. Anju Sood mengatakan, beberapa biji memang sangat pahit dan menyebabkan beberapa jenis gangguan pencernaan. Namun, banyak juga ahli gizi lain mengatakan biji pepaya dapat dikonsumsi untuk memanfaatkan berbagai khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Mengingat rasanya pahit, cara meminumnya adalah dengan mengolah bijinya.

Giling biji pepaya, dan campur dalam bentuk bubuk smoothies manis, jus atau buat rebusan teh. Manisnya gula, madu atau jaggery akan membuat rasanya lebih bersahabat. Lalu apa saja khasiatnya?

Lawan Radikal Bebas
Biji pepaya kaya dengan antioksidan, polifenol dan flavonoid yang melindungi kita dari infeksi seperti pilek dan batuk, dan juga dari banyak penyakit kronis.

Mengatur Berat Badan
Biji buah berserat membantu pencernaan dan membantu mencegah obesitas. Serat ini juga mengatur tekanan darah yang membantu menjaga kesehatan jantung.

Menjaga Kesehatan Usus
Studi tertentu mengklaim bahwa biji pepaya mengandung enzim proteolitik yang membunuh bakteri dan parasit yang berada di usus, sehingga menjaga perut dan usus tetap sehat.

Meredakan Nyeri Menstruasi
Mengonsumsi biji pepaya selama periode tertentu sangat membantu untuk meredakan kram otot dan rasa sakit.

Mengatur Kadar Kolesterol
Biji pepaya juga kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, terutama asam oleat yang dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) tingkat tinggi.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Marieska Harya Virdhani