alexametrics

Yuk, Raih 3 Manfaat Sehat dari Gerakan Makan Ikan

6 April 2018, 07:06:34 WIB

JawaPos.com – Makan ikan merupakan sumber protein paling baik bagi tubuh. Selain rendah kolesterol, ikan kaya kandungan vitamin, mineral, dan omega3. Tak heran banyak makan ikan bisa meningkatkan nutrisi dan kecerdasan terutama anak-anak.

Karena itu gerakan makan ikan juga digalakkan oleh sejumlah organisasi dan alumni serta akademisi. Tentu gerakan makan ikan juga mendukung program pemerintah khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) 49 dan Ikatan KAHGAMA 88 (Keluarga Alumni Hukum UGM angkatan 88) serta didukung oleh Perum Perikanan Indonesia dan GMT Property 15, terpanggil untuk ikut serta berpartisipasi dalam mewujudkan generasi sehat dan cerdas melalui gerakan ‘Ayo Makan Ikan’ lewat bazaar.

Dari Mal Cijantung, 30 Maret 2018-1 April 2018, akan dilanjutkan pelaksanaannya di Kantin Kendal, Jalan Kendal Nomor 1 Menteng, tanggal 24-25 Apri 2018.

Tersedia berbagai macam sajian ikan dengan resep khas nusantara dan turunannya yang dikombinasikan dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti lomba memasak, Live Music dan lomba mewarnai dengan tema lingkungan laut dan ikan.

Ketua IKAL 49, Boedhi Setiadjid menilai konsumsi ikan selama ini masih rendah. Padahal dengan makan ikan merupakan salah satu upaya dalam mendukung nelayan dan petambak serta pedagang guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka.

“Ikan merupakan salah satu makanan sehat kaya nutrisi penting seperti protein, vitamin D, kalsium, fosfor. Semuanya adalah mineral yang sangat baik. Ada pula seperti zat besi, seng, yodium, magnesium dan potasium,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (5/4).

Sedangkan Risyanto Suanda, Direktur Utama Perum Perikanan Indonesia Risyanto Suanda. Sedikitnya ada tiga manfaat besar dari rajin mengonsumsi ikan dan gerakan makan ikan. Di antaranya,

Kemandirian Pangan

Dengan konsumsi ikan, selain untuk memenuhi gizi dan nutrisi, dalam skala nasional dapat mendorong pemenuhan pangan. Sehingga dapat terwujud kemadirian dan kedaulatan pangan dan tidak tergantung kepada produk impor.

Fungsi Kognitif

Ikan juga merupakan salah satu sumber nutrisi penting terbaik seperti asam lemak omega-3 yang membantu tubuh tetap ramping. Ikan juga memiliki manfaat dalam pengembangan tubuh dan memperbaiki fungsi kognitif. Apalagi bagi anak-anak.

Perbaikan Fungsi Tubuh

Ikan tidak hanya mempengaruhi lingkar pinggang, tapi juga membantu fungsi tubuh lainnya termasuk perkembangan hati, otak, dan lain-lain, dan mengatur tidur dengan baik. Makan ikan setiap hari bisa mengurangi risiko beberapa penyakit, terutama yang berhubungan dengan jantung.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ika/JPC)


Close Ads
Yuk, Raih 3 Manfaat Sehat dari Gerakan Makan Ikan