alexametrics

Hati-hati, Kalori 4 Buah Kue Nastar Besar Setara 1 Piring Nasi

4 Juni 2019, 10:02:12 WIB

JawaPos.com – Saat Lebaran, ragam kue biasanya sudah tersusun rapi di atas meja ruang tamu. Sebut saja kue nastar, kastengel, dan putri salju. Semuanya manis, enak, dan menggugah selera.

Akan tetapi, jangan terlena saat memakannya. Cek lagi dari apa kue tersebut dibuat. Sebab, tepung terigu dan gula yang mengandung kalori tinggi.

Tentu Anda tidak mau kue Lebaran yang disantap berlebihan bisa mendatangkan dampak penyakit pasca Lebaran. Apalagi bagi mereka yang punya riwayat penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol.

Ahli Endoskopi Gastrointenstinal yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, mengingatkan budaya lebaran adalah budaya silahturahmi berkunjung kerumah sanak keluarga dan kerabat. Selama berkunjung ini biasanya mengonsumsi berbagai makanan dan minuman.

Makanan dan minuman yang disediakan ini biasanya akan lebih banyak dan bervariasi. Umumnya makanan dan minuman tersebut tinggi lemak, manis dan asin. Kue-kue manis dengan kalori tinggi. Kue yang banyak mengandung coklat dan keju mendominasi penganan lebaran.

“Kue cake Lebaran biasanya dibuat dengan kuning telur yang banyak yang banyak mengandung kolesterol tinggi,” tegasnya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Menurut dr. Ari, kalori nastar saja sudah cukup tinggi jika dimakan berlebih. Bahkan kalorinya bisa setara 1 piring nasi. Kebutuhan kalori seseorang per hari umumnya 1500-2000 kalori.

“4 buah nastar besar (iya) setara 1 piring nasi. Atau 8 buah nastar yang kecil,” ungkapnya.

Maka dr. Ari menegaskan seseorang harus tetap memperhatikan untuk membatasi makan yang terlalu asin atau terlalu manis. Banyak minum apalagi dengan kondisi kemarau saat ini, kurangi minuman yang dingin dan goreng-gorengan akan mengiritasi saluran pernapasan kita.

“Sehingga pada saat harus beraktviitas kembali pasca lebaran tetap berada dalam keadaan sehat wal’afiat,” tegasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads