alexametrics

Lakukan Terapi Alam di Lingkungan Rumah Untuk Hilangkan Stres

4 April 2019, 15:37:34 WIB

JawaPos.com – Ketika seseorang sudah menemukan titik stres pada hidupnya, travelling selalu menjadi jalan keluar untuk mengusir kepenatan tersebut. Tak harus travelling, ternyata sekedar berjalan-jalan selama 20 menit saja di alam terbuka telah terbukti menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kegembiraan.

Tak perlu berjalan jauh-jauh, cukup lakukan disekitar tempat tinggal Anda. Dokter Mary Carol Hunter, dari University of Michigan, menemukan kalau menghabiskan 20-30 menit duduk atau berjalan di sekitar tempat tinggal atau kantor yang memberi Anda ketenangan. Bahkan, sebab berjalan 20-30 menit di antara alam dapat mengurangi kadar hormon stres, kortisol, sekitar 10 persen.

Dokter Hunter percaya akan penelitian ini, yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psy-chology, bahwa seseorang harus diarahkan pada resep ‘pil alami’. Ketika seseorang menderita kecemasan, maka yang perlu dilakukan adalah menghabiskan waktu di ruang hijau.

Sehingga, menghabiskan waktu  dengan alam bisa menjadi cara mudah dan murah  untuk memerangi masalah kesehatan jiwa. Bahkan bisa bedampak pada pengontrolan tekanan darah tinggi seperti dilansir dari Daily Mail, Kamis (4/4).

Resep sosial perawatan non-medis ini memberi manfaat kesehatan jangka panjang. Pada dasarnya kegiatan sosial dengan menenangkan pikiran haruslah seimbang.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring



Close Ads