alexametrics

Cara Sehat Santap Makanan Tanpa Takut Gemuk, Jarang yang Tahu

13 Desember 2017, 14:59:02 WIB

JawaPos.com – Hidup sehat tanpa lemak berlebih tentu dambaan setiap orang. Namun melakukannya tidaklah mudah, melainkan butuh niat yang kuat. Sebab, mengontrol maupun membatasi hanya bisa dilakukan oleh diri sendiri.

Sadar akan jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi. Kemudian perhatikan kandungan nutrisinya, jangan sampai menyiksa tubuh. Untuk lebih jelasnya, Rabu (13/12), Boldsky menyebutkan ada 25 cara bijak saat menyantap makanan yang tetap menyehatkan bagi tubuh. Berikut ulasannya.

1. Rem Saat Tubuh Sudah Kenyang
Saat kenyang, tubuh mengirimkan beberapa isyarat untuk berhenti makan. Misalnya bernapas dan berhenti sejenak di antara gigitan. Maka berhentilah makan sebelum kekenyangan.

2. Buat Catatan Harian
Seseorang yang patuh dengan catatan pola makannya setiap hari, akan makan 15 persen lebih sedikit daripada mereka yang tidak.

3. Berteman  Satu Visi Misi
Bertemanlah dengan teman yang juga mempunyai pola hidup sehat. Bila dua orang memiliki tujuan yang sama dan saling menjaga pertanggungjawaban, mereka akhirnya menurunkan berat badan lebih cepat.

4. Atur Pola dan Porsi Makan
Kurangi asupan kalori dengan mengurangi ukuran porsi di dalam piring makanku.

5. Apel, Peppermint, atau Pisang
Ketika mengalami rasa lapar yang terlalu dini, makanlah pisang, apel, atau peppermint. Maka dengan aromanya saja bisa merangsang otak untuk mengusir rasa lapar.

6. Warna Biru
Warna yang berbeda mempengaruhi otak dengan cara yang berbeda. Melihat warna merah, kuning, dan oranye membuat tubuh cepat lapar, sementara biru bisa menekan nafsu makan.

7. Makan di Depan Cermin
Cobalah makan di depan cermin. Ini akan membuat sadar apa yang dimakan dan mengukur bobot tubuh.

8. Naik Tangga
Naik tangga minimal 2-3 kali dalam sehari sama dengan olahraga dan membakar beberapa kalori.

9. Makan Protein
Makan telur adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein. Mereka yang makan telur secara teratur kehilangan berat badan hampir 65 persen lebih dari 8 minggu daripada yang tidak.

10. Konsumsi Cabai
Cabai mengandung senyawa kimia yang disebut capsaicin di dalamnya, yang diketahui dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak lemak sepanjang hari.

11. Probiotik
Perbanyak makanan yang mengandung probiotik alami dengan bakteri sehat dan memperbaiki pencernaan. Sehingga meningkatkan kapasitas menyerap nutrisi usus.

12. Cukup Tidur
Studi telah menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur atau penderita insomnia cenderung mengalami obesitas 55 peren lebih banyak. Maka tidur minimal 8 jam setiap malam jauh lebih sehat.

13. Makanan Kaya Serat
Makanan berserat mengisi perut tanpa memiliki kalori di dalamnya. Konsumsilah buah dan sayur lebih banyak.

14. Atasi Kecanduan Makanan
Hampir 20 persen orang gemuk kecanduan makanan kaya gula, lemak, atau senyawa lainnya. Ini karena kecanduan makanan membuat seseorang tak bisa menghentikan asupan.

15. Olahraga
Pastikan olahraga untuk melatih otot tubuh selain kardio. Ini karena otot membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

16. Fokus pada Perubahan Gaya Hidup
Orang yang sering mengonsumsi makanan ringan tidak mengubah gaya hidup mereka. Dan kebanyakan akan mengalami efek yoyo sehingga akan kembali gemuk lagi. Maka dari itu diperlukan konsistensi.

17. Jalan Kaki
Orang yang tidak banyak duduk dan rajin berjalan sekitar 2000-3000 langkah sehari bisa mengatasi masalah obesitas. Tambahkan tambahan 1000 langkah lagi setiap hari.

18. Makan di Rumah
Saat memasak dan makan di rumah maka akan lebih murah dan sehat. Dan makan di rumah lebih cepat menurunkan berat badan.

19. Konsumsi Makanan Kaya Air
Makanan kaya kandungan air seperti oatmeal, smoothies, merupakan pengganti makanan pokok dan mengisi perut dengan cepat sambil membatasi jumlah kalori yang masuk.

20. Pilih Porsi Kecil
Ketika makan di restoran, boleh saja sesekali makan makanan lezat. Tetapi sebaiknya pilihlah porsi kecil untuk membatasi kalori.

21. Makan Sereal
Sereal dan susu akan lebih baik karena kaya serat dibandingkan sepiring daging dan roti panggang. Namun pilih sereal yang tanpa tambahan gula.

22. Pilih Saus Salad yang Sehat
Ganti saus krim dan mentega dengan saus berbasis pedas dan tomat karena mengandung kalori lebih sedikit.

23. Kacang dan Kismis
Kacang-kacangan dan kismis dikemas dengan nutrisi dan kalori penting yang menjaga rasa lapar di sela waktu makan. Jadi, konsumsi sedikit kacang dan kismis bisa menunda makan asalkan tak berlebihan jumlahnya.

24. Bagi Menjadi Dua Bagian
Saat menyantap makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup sebaiknya membaginya dengan dua bagian. Sehingga bisa membuat tubuh tetap kenyang tetapi tak berlebihan.

25. Kurangi Asupan Gula 
Faktanya bahwa penyakit diabetes dan metabolik telah meningkat sejak beberapa dekade terakhir. Masyarakat sulit untuk melepaskan diri dari gula karena sebagian besar makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari kaya gula.

Editor : admin

Reporter : (ika/JPC)


Close Ads
Cara Sehat Santap Makanan Tanpa Takut Gemuk, Jarang yang Tahu