alexametrics

Benarkah Kopi Bikin Kecanduan? Ini Jawabannya

10 Juli 2017, 18:32:45 WIB

JawaPos.com – Sejumlah orang memiliki rasa suka yang mendalam terhadap kopi. Tak apa tak sarapan asalkan minum kopi. Ada pula seseorang yang merasa wajib minum minimal secangkir kopi dalam sehari. Jika sudah merasa demikian, benarkah seseorang sudah kecanduan terhadap kopi?

Dalam keterangan tertulis hellosehat.com, Senin (10/7), sebetulnya bukan kopi yang membuat seseorang ingin minum kopi lagi dan lagi. Akan tetapi yang menyebabkan hal itu bisa terjadi adalah kandungan dalam kopi, yaitu kafein.

Kafein merupakan stimulan sistem saraf pusat, di mana mungkin bisa membuat seseorang menjadi kecanduan kopi. Namun, jangan khawatir, karena kafein yang masuk dalam tubuh dalam jumlah biasa tidak akan menyebabkan kecanduan atau ketergantungan. Selain itu, kecanduan terhadap kafein juga tidak akan mengancam fisik, sosial, atau ekonomi.

Beberapa penelitian tentang kafein pun memunculkan pro dan kontra terhadap sifat adiktif dari kopi. Beberapa penelitian memasukkan kafein ke dalam golongan yang adiktif.

Seperti penelitian yang diterbitkan dalam Journal for Nurse Practitioners tahun 2010 yang menjelaskan bahwa kafein memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi senyawa adiktif, seperti ketergantungan, toleransi, dan penarikan. Namun, ada juga penelitian yang tidak setuju bahwa kafein atau kopi adiktif.

Seperti penelitian dalam American Journal of Drug and Alcohol Abuse tahun 2006 yang menyangkal bahwa kafein adiktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa jarang ada dorongan kuat yang membuat seseorang sangat ingin “menggunakan” kafein, tidak seperti kokain, amfetamin, dan stimulan lainnya.

Maka jawabannya adalah, kecanduan yang terjadi karena kopi mungkin tidak akan parah, tapi mungkin membuat seseorang tidak nyaman. Tidak minum kopi akan membuat seseorang merasa tidak biasa seperti jika minum kopi di hari itu. (cr1/JPG)

Editor : Yusuf Asyari


Close Ads
Benarkah Kopi Bikin Kecanduan? Ini Jawabannya