JawaPos Radar

Psikolog: Pentingnya Fasilitasi Bakat Anak, Tapi Jangan Memaksa

25/02/2018, 10:35 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Psikolog: Pentingnya Fasilitasi Bakat Anak, Tapi Jangan Memaksa
Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga Roslina Verauli (Rieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Tak jarang orang tua justru memaksakan kehendak mereka kepada buah hati. Sejak dini, di usia batita pun, anak sudah diharuskan mengikuti banyak les atau kursus bakat padahal belum tentu anak suka.

Ditemui dalam acara tahunan Cussons Bintang Kecil dengan tema 'Impian Sang Bintang' di Kota Kasablanka, Sabtu (24/2), Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga Roslina Verauli menjelaskan setiap anak memiliki impian tersendiri. Peran orang tua sangat penting dalam membantu anak membangun impian yang sesuai dengan potensi bakatnya masing-masing.

Kemudian memfasilitasi agar kebutuhan bawaan anak untuk mengembangkan potensi diri dapat tercapai secara optimal. Tentu saja anak dan orang tua butuh inspirasi dalam membangun impian bersama.

Psikolog: Pentingnya Fasilitasi Bakat Anak, Tapi Jangan Memaksa
Anak-anak ceria mengembangkan bakatnya (Cussons)

"Orang tua hanya memfasilitasi, mengarahkan, jangan memaksa," tegasnya kepada JawaPos.com.

Vera menambahkan, khususnya bagi anak-anak generasi alfa yang besar di era digital, yang mampu beradaptasi dengan perubahan dan menyerap informasi dengan sangat cepat. Mereka dianjurkan untuk memiliki keterampilan dan keahlian yang spesifik, dengan mengikuti berbagai kegiatan positif seperti ajang kompetisi sejak kecil.

Tapi, ungkapnya, sekali lagi setiap kegiatan itu pun tidak bisa dipaksa.  "Dengan ini anak-anak akan memperoleh perubahan positif dari lingkungannya untuk membangun kepercayaan diri mereka atas kemampuannya dan menjadi bintang di masa depan,” ujarnya.

Cussons Baby dan Cussons Kids, produk pilihan terbaik perawatan bayi dan anak Indonesia, kembali menghadirkan Cussons Bintang Kecil Seasons 6. Program ini merupakan sumbangsih PZ Cussons untuk membantu mewujudkan impian dari anak-anak kurang mampu melalui peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Sebagai bagian dari rangkaian acara Grand Final Cussons Bintang Kecil Season 6 yang di selenggarakan selama 3 hari (23–25 Februari 2018) di Grand Atrium Mall Kota Kasablanka, Cussons Baby & Cussons Kids menggelar acara diskusi media yang bertajuk 'Kenali Impian & Kembangkan Bakat dari Generasi Alfa'.

Senior Group Brand Manager, PZ Cussons Indonesia Bunadi Wijaya, menjelaskan pihaknya percaya bahwa setiap anak memiliki kesempatan dan kemampuan untuk menjadi seorang bintang di masa depan. Karena itu, Cussons Bintang Kecil Season 6 hadir dengan format yang lebih istimewa dan mengusung tema 'Impian Sang Bintang'.

"Ajang ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk membantu mewujudkan mimpi anak-anak dengan memberikan yang terbaik untuk anak-anak Indonesia. Kami mendukung komitmen tersebut di dunia pendidikan, kami menjalankan misi sosial dengan mendukung program 'Bersama Cerdaskan Anak Bangsa' dengan Yayasan Kick Andy dan Super Indo," tutupnya.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up