JawaPos Radar

Antara Susu Formula dan Susu UHT

18/11/2017, 02:00 WIB | Editor: Dwi Shintia
Susu
Ilustrasi susu (Pixabay)
Share this image

JawaPos.com - Pada dasarnya, susu formula, UHT dan susu pasteurisasi sama-sama berasal dari susu sapi yang diproses.

Spesialis anak RSUD dr Soetomo dr Meta Hanindita SpA mengatakan, supaya tidak membingungkan, untuk formula akan disebut Meta dengan nama Growing Up Milk (GUM, nama ini sudah lazim digunakan untuk menyebut susu formula anak diatas setahun), sedangkan UHT akan disebut Cow's Milk (CM). 

Singkatnya, GUM adalah susu untuk anak 1-3 tahun yang sudah difortifikasi sehingga kecukupan vitamin dan mineralnya sudah sesuai dengan kebutuhan anak berusia tersebut.

Sedangkan CM adalah susu sapi yang diproses namun tidak difortifikasi seperti UHT atau pasteurisasi. Meta lantas memaparkan beberapa hasil penelitian mengenai kedua susu tersebut. Ghisalfi (2013) membandingkan anak yang mendapat GUM dan CM. Hasilnya anak dari kelompok GUM tercukupi kebutuhan vitamin D, vitamin A, seng dan zat besi.

Sedangkan untuk kebutuhan kalsium, sama-sama tercukupi di kedua kelompok. Walton (2013) menunjukkan anak yang mendapat CM lebih tinggi risiko terkena defisiensi zat besi dibandingkan yang mendapat GUM.

Sidnell (2016) mendapatkan baik anak yang mendapat GUM dan CM sama-sama tercukupi kebutuhan kalsiumnya, sedangkan kebutuhan vitamin D, vitamin A, Seng, zat besi hanya tercukupi anak yang mendapat GUM. Hower (2013) mendapatkan anak yang memperoleh CM lebih berisiko terkena defisiensi vitamin D dibandingkan dengan yang GUM.

Jadi jawabannya lagi-lagi akan sangat bergantung pada anak masing-masing. Jika anak berstatus gizi baik, mau makan secara variatif dan sudah terpenuhi kebutuhan zat besi, seng, vitamin A dan D dari makanan, maka untuk mencukupi kebutuhan kalsium tentu cukup dari CM (bisa UHT atau pasterisasi).

Tapi, jika anak berstatus gizi kurang (apalagi buruk) dan punya masalah makan (seperti pilih-pilih makanan) maka GUM dapat menjadi pilihan.

’’Apakah susu formula lebih baik dari UHT? Karena yang saya baca susu formula mengandung AA DHA untuk perkembangan otak, sedangkan di UHT atau pasteurisasi tidak ada? Sebetulnya DHA dan AA tidak harus didapat dari susu. Ada banyak bahan makanan yang mengandung DHA dan AA seperti tuna atau salmon,’’ paparnya.

Sebagian besar, kebutuhan nutrisi batita harus dipenuhi dari makanan padat,sedangkan susu hanya sebagai sumber kalsium dan protein. Kalau ditanya mana yang lebih baik, menurut Meta, jawabannya kembali ke kondisi anak masing-masing. (*)

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up