JawaPos Radar

5 Cara Efektif Agar Sang Buah Hati Mau Makan Buah dan Sayur

18/06/2018, 07:50 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
5 Cara Efektif Agar Sang Buah Hati Mau Makan Buah dan Sayur
Anak yang rutin mengonsumsi sayuran terbukti selalu berhasil mendapatkan skor yang lebih tinggi dalam tes. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Makanan dan minuman sehat merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhan. Namun, tak jarang, anak-anak enggan memakan makanan sehat seperti sayur dan buah. Padahal, keduanya memiliki kandungan yang baik tumbuh kembang sang anak.

Dilansir dari Boldsky, Senin (18/6), anak yang rutin mengonsumsi sayuran terbukti selalu berhasil mendapatkan skor yang lebih tinggi dalam tes, khususnya dalam mengeja dan menulis. Untuk itu, ada baiknya mulai memperkenalkan makanan sehat seimbang guna memenuhi kebutuhan nutrisinya. Namun, tak hanya nutrisi makanan, pola makan sang anak pun harus diperhatikan.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan? Yuk Bunda, ikuti beberapa langkah berikut,

1. Berikan Sayuran dengan Sesuatu yang Baru

Sering terlihat bahwa ketika orang tua menawarkan sesuatu yang baru kepada anak, ia pada awalnya tidak akan menyukainya. Menyertakan sayuran dalam makanan yang ia sukai. Misalnya, buatlah nugget sayuran sendiri ketika di rumah. Bisa juga memberikan sayuran dalam rasa yang mereka kenal.

2. Makan Bersama Keluarga

Untuk mengenalkan makanan sehat yang baru, bisa dilakukan ketika makan malam keluarga. Sebab, momen tersebut bisa memberi Anda kesempatan untuk berbagi makanan sehat dan berinteraksi untuk membicarakan nutrisi.

3. Minta Bantuan Pakar Gizi

Jika Anda merasa kurang paham terhadap jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi anak-anak usia pra sekolah, mintalah bantuan dari para ahli untuk memperbaiki kebiasaan makan pada anak. Sehingga hidangan yang diberikan pada anak bisa tepat untuk tumbuh kembang otak sang anak.

4. Lakukan Permainan Makanan Sehat

Sebagai orang tua tentu harus kreatif agar buah hati mudah melahap semua makanan sehat termasuk sayuran. Salah satu caranya, Anda bisa membuat permainan seru tentang makan sehat. Sehingga, membuat anak lebih tertarik untuk memahami pentingnya manfaat dari makanan sehat.

5. Jadilah Contoh Yang Baik

Terakhir, yang paling penting adalah memberikan contoh yang baik untuk anak Anda dengan konsumsi makanan yang sehat. Dengan begitu dapat mempengaruhi kebiasaan makan anak karena Anda adalah teladan yang mereka ikuti. Jika Anda makan sehat, anak secara otomatis akan lebih cenderung makan makanan sehat karena anak belajar dari orang tuanya.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up