JawaPos Radar

Hari Pertama Sekolah, Bunda Wajib Cek Menu Sehat di Kantin

08/07/2018, 13:05 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Hari Pertama Sekolah, Bunda Wajib Cek Menu Sehat di Kantin
Ilustrasi bunda menyiapkan bekal sandwich untuk ke sekolah. (Smart Parenting)
Share this

JawaPos.com - Hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru, biasanya bunda kerepotan menyiapkan segala sesuatu kebutuhan anak. Apalagi jika buah hatinya baru pertama kali masuk sekolah baik itu TK, PAUD, SD, atau SMP. Tapi jangan lupa untuk memerhatikan asupan makanan pada buah hati. Termasuk ikut mengecek makanan di kantin sekolah.

Ada kewajiban bagi bunda untuk mengecek berbagai makanan di kantin sekolah. Hal itu penting dilakukan karena ada kemungkinan bunda tak bisa menyiapkan bekal sekolah bagi anak setiap hari karena urusan rumah tangga.

"Maka kalau enggak ada bekal, berarti ibu harus kunjungi sekolah cek kantinnya. Tunjukkan makanan yang sehat yang aman. Nanti ibunya bilang 'Mama sudah lihat makanan kantin yang sebelah kanan itu bagus seehat untuk dimakan'," jelas Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof Dr Hardinsyah MS kepada JawaPos.com, Sabtu (7/7).

Selain makanan, bunda juga harus mengingatkan anak soal minuman berwarna mencolok. Jangan sampai anak membeli minuman dari tukang jajanan sembarangan.

"Jika mau minum minuman berwarna sebaiknya yang di dalam kemasan dan yang ada BPOM atau izin edarnya. Hati-hati dengan warna mencolok," kata Hardinsyah.

Dia menjelaskan jika memang di dalam sebuah keluarga memiliki kebiasaan bangun pagi, maka yang lebih baik dilakukan adalah sarapan. Sebab makanan rumah jauh lebih sehat dan higienis.

"Biasakan bangun lebih pagi saat mulai sekolah. Agar ibu menjamin perut anaknya kenyang setelah sarapan agar siap beraktivitas menerima pelajaran," papar Hardinsyah.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up